4 Cara Alami Atasi Varises

4 Cara Alami Atasi VarisesVarises merupakan gangguan pada vena (pembuluh darah balik) berupa pembesaran, pembengkakan ataupun melilit.
Pembuluh darah darah balik (Vena) ini tugasnya membawa darah ke hati kita sehingga Vena ini sangat penting artinya dalam sistem sirkulasi darah yang sehat.

Ketika vena ini melilit maka akan memberikan tekanan pada daerah yang lemah pada vena sehingga menghambat aliran darah ke jantung dan darah akan menggenang di pembuluh darah.

Varises ini dapat kita lihat dengan membesarnya vena pada permukaan kulit kita, dan paling sering terlihat pada pada betis dan pergelangan kaki.

Melemahnya katup dan vena merupakan penyebab utama dari varises. Dan penyebab melemahnya pembuluh darah dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti kelebihan berat badan, kehamilan, berdiri atau duduk selama berjam-jam.
Meskipun kadang-kadang juga varises dapat disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah bagian dalam yang biasa disebut dengan trombosis vena dalam.

Pengobatan varises selain dengan melalui intervensi medis, ada beberapa pilihan pengobatan non medis yang bisa anda coba. Dan beberapa diantaranya adalah:

1. Berangan kuda untuk varises

Berangan kuda memiliki nama ilmiahnya Aesculus hippocastanum sementara nama alternatifnya Buckeye, Zhang Tianshi-li.
Tanaman ini sudah diguanakan secara meluas untuk mengobati tidak hanya varises tetapi juga insufisiensi vena kronis (salah satu jenis penyakit peredaran darah).

Berangan kuda merupakan zat dan juga tonik baik untuk sirkulasi darah. Aescin adalah senyawa utama dalam ramuan ini yang tampaknya menghambat pelepasan enzim yang bertanggung jawab untuk merusak dinding kapiler.

Berangan kuda dapat meringankan gejala seperti pembengkakan dan nyeri di samping memperkuat dinding pembuluh darah.
untuk pengobatan varises, hanya digunakan ekstrak dari bijinya dan tidak boleh dikonsumsi mentah atau sebelum diproses, karena berangan kuda ini mengandung racun yang disebut esculin.

Tapi jika Anda menderita penyakit ginjal atau hati atau gangguan perdarahan, menghindari penggunaan ramuan ini. Anda juga harus menghindari ramuan ini jika anda mengambil antikoagulan atau obat pengencer darah anti-platelet, ibu hamil dan sedang menyusui dilarang menggunakan ramuan ini.

2. Biji anggur untuk varises

Biji dari buah anggur salah satu bahan alami untuk pengobatan varises. Proantosianidin oligomer kompleks yang terdapat pada biji anggur mampu memperkuat struktur jaringan ikat pembuluh darah yang bisa menghambat peradangan.

Biji anggur ini juga mampu melindungi kapiler, pembuluh darah dan bahkan arteri dari kerusakan radikal bebas bersama dengan meningkatkan kinerja vitamin C yang penting untuk pembentukan kolagen. Mereka juga meningkatkan elastisitas dinding kapiler. Hal ini membuat dinding kapiler lebih tahan terhadap perdarahan, pecah dan infeksi.

Mengunyah biji anggur atau membuat bubuk biji anggur ini dan menambahkannya kedalam makanan anda. Jika tidak ingin repot, anda bisa membelinya ditoko obat diak dlam bentuk kapsul, tablet dan ekstrak cair. Pilihlah ekstrak biji anggur yang memiliki kandungan Proantosianidin oligomer kompleks yang tidak kurang dari 95% dengan dosis 150 mg per hari ( 50 mg 3 kali sehari).

Perhatian: Lebih baik untuk menghindari memberikan ekstrak biji anggur untuk anak-anak dan wanita hamil atau menyusui serta mereka yang memakai pengencer darah.

3. Minyak biji anggur untuk mencegah varises vena

Mengkonsumsi ekstrak biji anggur, anda dapat memijat dengan minyak biji anggur. Proantosianidin oligomer kompleks yang ditemukan dalam minyak biji anggur juga ber sifat anti-inflamasi.

Pemijatan dengan menggunakan minyak biji anggur akan memperkuat dan memperbaiki kerusakan kapiler dan pembuluh darah dan akan meningkatkan sirkulasi darah anda.

4. Perubahan gaya hidup

Meskipun obat herbal diatas bisa membantu dalam mengatasi varises, Anda juga perlu merubah beberapa gaya hidup Anda sehingga Anda dapat mencegah hal ini terjadi lagi.

Jangan duduk atau berdiri untuk waktu yang lebih lama. Jika pekerjaan Anda menuntut demikian, usahakan merilekskan tubuh anda setiap 30 menit. Jangan duduk dengan kaki disilangkan.

Hindari memakai sepatu hak tinggi, memakai pakaian ketat serta lakukan olahraga secara teratur. Latihan kardiovaskular serta menurunkan berat badan yang berlebihan merupakan cara terbaik untuk mencegah varises.