18 Fakta Medis Akan Manfaat Jambu Biji

18 Fakta Medis Akan Manfaat Jambu BijiJambu biji atau jambu batu merupakan salah satu jenis buah yang memiliki segudang manfaaat bagi kesehatan kita.

Dan pemanfaatan tanaman yang satu ini tidak hanya dari buahnya saja akan tetapi daun, akar, bunga dan kulit pohonnya memiliki manfaat yang besar dalam mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Dalam dunia medis sendiri, jambu biji atau jambu batu memiliki nama ilmiah Psidium guajava diperkaya dengan sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Dan beberapa diantaranya adalah viamin A, Vitamin C, Kelompok vitamin B, Mangan, Tembaga, Folat. Potassium, Fosfor, Kalsium, Magnesium, kandungan serat, tanin, flavonoid, karotenoid, Lektin, Eugenols, minyak esensial, antioksidan dll.

Dan berikut ini adalah fakta medis tentang manfaat jambu batu pada kesehatan yang dapat anda lihat seperti dibawah ini:

1. Kandungan vitamin C dalam buah jambu biji tiga kali banyak daripada buah jeruk.
2. Salah satu sumber antioksidan yang paling kuat. Buah jambu biji merah yang telah matang merupakan sumber antioksidan yang paling banyak jika dibanding dengan jambu biji yang belum matang.
3. Jambu biji mengandung lycopen dua kali lebih banyak dari pada tomat. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa jambu batu ini sangat efektif dalam melindungi tubuh dari kanker prostat dan kerusakan kulit oleh dampak negatif sinar UV.
4. Jambu biji sangat kaya akan Vitamin B sehingga sangat membantu tubuh dalam meningkatkan fungsi otak.
5. Jambu biji juga diperkaya dengan karotenoid, flavonoid, lektin, eugenol, minyak esensial dan pektin.
6. Jambu biji sangat baik dalam pencegahan Anemia karena mengandung Vitamin C yang sangat tinggi sehimgga membantu dalam meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.
7. Kandungan flavanoid dalam jambu biji memiliki aktivitas hipoglikemik sehingga membantu dalam mengelola kadar gula darah bagi penderita diabetes.
8. Kandungan Vitamin A yang sangat tinggi dalam jambu batu sangat penting artinya dalam meningkatkan visi dan kesehatan mata.
9. Jambu biji juga diperkaya dengan folat yang tentu saja hal ini sangat membantu dalam mengatasi masalah yang terkait dengan gangguan kesuburan wanita.
10. Jambu biji mengandung tembaga yang membuat buah ini dikenal dalam membantu menjaga fungsi tiroid agar tetap sehat.
11. Buah jambu biji juga merupakan sumber serat tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi pada mereka yang sering mengalami masalah sembeit
12. Kandungan gula yang seimbang dan rendah kalori menyebabkan buah ini sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang memiliki masalah kelebihan berat badan.
13. Jambu biji ini juga merupakan buah yang sering disarankan oleh ahli kecantikan dalam sebagai diet anti penuaan dan membantu untuk meningkatkan kekencangan kulit .
14. Jambu biji mengandung tingkat potasium tinggi seperti pisang membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi kolesterol.
15. Pucuk daun jambu biji adalah obat rumah untuk diare, cacingan dan dismenorea.
16. Daun muda bisa dikunyah untuk mengelola masalah gigi seperti bau mulut, sakit gigi, gusi berdarah.
17. Daun dan buah-buahan yang baik untuk mengelola penyakit pernapasan, batuk, sakit tenggorokan-.
18. Buah yang sehat untuk mengobati dan mencegah penyakit jantung.

Demikianlah fakta medis tentang bagaimana kandungan dan manfaat dari tanaman jambu biji ini dan semoga artikel ini dapat mengingatkan kita kembali akan manfaat akan jambu biji pada kesehatan kita.