Penyebab Dan Komplikasi Sembelit Pada Anak

Penyebab Dan Komplikasi Sembelit Pada AnakJangan pernah remehkan sembelit apalagi jika dialami pada anak-anak anda karena sembelit ini dapat menyebabkan komplikasi yang sangat serius jika dibiarkan berlarut-larut.

Sembeli t atau susah buang air besar dapat menyebabkan kondisi medis yang sangat serius seperti rasa sakit pada anus saat buang iar besar serta dapat menyebabkan usus besar dan rektum robek atau bocor yang bisa infeksi. Jika usus sudah mengalami infeksi maka anak memerlukan penanganan yang lebih serius dan harus menempuh pembedahan. Dan tentunya hal ini lebih beresiko lagi.

Penyebab sembelit pada anak-anak bisa disebabkan oleh diet yangkurang tepat seperti kurangnya konsumsi serat dan kurang minum air, pengaruh minuman dari susu.

Penyebab sembelit lainnya adalah pengaruh minum obat-obatan tertentu, pengaruh medis yang mempengaruhi anus (dubur) seperti gangguan metabolik atau sistem pencernaan maupun karena memiliki riwayat keluarga yang sembelit.

Tapi intinya adalah sembelit terjadi ketika limbah atau tinja bergerak terlalu lambat melalui saluran pencernaan sehingga menyebabkan tinja menjadi keras dan kering.

Nah, untuk pencegahan anak dari sembeli maka diperlukan sikap proaktif orang tua dengan menyarankan anak untuk menawarkan anak makanan yang berserat tinggi.

Sertakan dalam diet anak makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan sereal gandum dan roti.

Selain diet tinggi serat , usahakan anak anda minum banyak cairan serta ajak anak anda untuk melakukan aktivitas fisik yang sesuai dengan umur anak, karena dengan aktivitas fisik yang teratur akan membantu merangsang fungsi usus bekerja dengan normal.

Hal yang terpenting adalah dengan mengajarkan anak agar tidak menunda-nunda buang air besar ketika mereka hendak buang air besar. Karena biasanya anak yang sedang asik bermain terkadang sering menahan diri untuk segera buang air besar.

Tapi jika anak anda terlanjur menderita sembelit dan sudah berlangsung selama 1-2 hari apalagi jika anak anda sering mengalami sembelit ini maka segera konsultasikan hal ini pada dokter anak anda.