Cara Alami Menghilangkan Melasma

Cara Alami Menghilangkan MelasmaSalah satu gangguan kecantikan kulit adalah melasma, sementara melasma ini tidak mudah dihilangkan hanya dengan mengandalkan produk-produk cream maupun lotion kulit namun perlu penyembuhan alternatif lainnya seperti menggunakan cara-cara alami.

Tapi sebelum kita membahas tentang cara alami menghilangkan melasma mungkin ada baiknya jika membahas terlebih dahulu mengetahui mengenai apa itu melasma.

Melasma adalah kelainan atau perubahan warna kulit alami menjadi berbintik-bintik coklat yang biasanya hadir pada kulit wajah.

Melasma ini sendiri terbentuk karena ketidak seimbangan hormonal selama kehamilan, paparan sinar matahari yang terlalu lama, pengaruh pil estrogen dan progesteron serta gangguan tiroid.

Beberapa faktor tersebut diatas dapat mempengaruhi produksi pigmen melanin pada epidermis sehingga muncullah bintik-bintik coklat pada wajah (melasma).

Bintik-bintik coklat pada kulit (melasma ) ini sebetulnya lebih efektif jika diobati dengan pengobatan alami dan hasilnya pun lebih alami.

Tapi tidak dipungkiri juga bahwa sudah banyak produk kosmetika yang menawarkan pengobatan melasma hanya saja produk kosmetika komersial tersebut tidak bisa menghilangkan melasma secara permanen. Oleh karena itu untuk mengatasi melasma memerlukan bantuan ramuan alami yang bisa anda lihat dibawah ini.
Cara Alami Menghilangkan Melasma

Jus lemon untuk mengatasi melasma

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi melasma adalah dengan menggunakan jus lemon. Dengan menerapkan secara teratur jus lemon pada bagian kulit yang berbintik-bintik coklat anda maka secara bertahap bintik-bintik coklat tersebut secara bertahap akan memudar.

Bawang merah untuk mengatasi melasma

Salah satu manfaat bawang merah untuk kecantikan kulit adalah untuk menghilangkan melasma.
Caranya cukup mudah, cukup mengiris bawang merah tersebut tipis-tipis lalu merendamnya pada air cuka beberapa menit lalu irisan bawang merah tersebut dibalurkan pada bagian kulit yang terkena melasma.

Ekstrak biji anggur untuk mengatasi melasma

Penggunaan ekstrak biji anggur juga dapat memainkan peran yang sangat penting untuk mengurangi munculnya melasma. Ekstrak biji anggur yang dikenal untuk mendukung kesehatan kulit dengan melindunginya dari kerusakan radikal bebas, maka penggunaannya sangat membantu dalam mengobati melasma.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur dapat meringankan melasma yang dipicu oleh gangguan hormonal dan radiasi UV.

Ketimun untuk memudarkan melasma

Salah satu cara alami untuk memudarkan melasma adalah dengan bantuan mentimun ). Caranya cukup mudah, cukup membuat jus mentimun ataupun masker ketimun masker lalu diterapkan pada kulit yang menderita melasma maka bintik-bintik kulit yang berhubungan dengan melasma akan segera memudar.

Kunyit untuk mengatasi melasma

Dengan menggunakan pasta kunyit yang dibuat dari campuran bubuk kunyit dengan jus lemon pada kulit yang memiliki melasma maka dapat membantu menghilangkan melasma.

Kemampuan pasta kunyit dalam memerangi melasma karena kunyit mampu menekan produksi melanin yang terlalu berlebihan. Terapkan pasta pada bagian kulit yang terkena dampak dan biarkan pasta pada kulit anda selama 10-15 menit sebelum dibersihkan.

Nah bagi anda yang mengalami masalah bintik-bintik coklat pada kulit wajah anda maka anda bisa mencoba beberapa tips diatas dengan harapan warna kulit akan segera normal kembali.