Penyebab dan Gejala Stroke Ringan

Penyebab dan Gejala Stroke RinganTahukah anda penyebab stroke ringan ini? Stroke ringan adalah salah satu dari ketiga jenis stroke yang paling umum dialami oleh kebanyakan orang.

Stroke ringan ini terjadi ketika salah satu bagian dari otak tidak menerima aliran darah untuk jangka waktu singkat. Kurangnya aliran darah terjadi kurang dari 30 menit dan menyebabkan gejala stroke.

Stroke ringan sebenarnya hanya sebagai peringatan dini pada penderitanya bahwa mereka sedang mengalami gangguan suplai darah ke salah satu bagian dari otak mereka.

Dalam kondisi normal, darah akan terus menerus ke otak dengan menyediakan pasokan oksigen dan nutrisi untuk otak kita. Tujuan dari suplai oksigen dan nutrisi ini tidak lain adalah untuk membantu menjaga setiap sel otak dan neuron agar bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Ada ratusan pembuluh darah di otak sebagai transportasi oksigen dan darah yang kaya nutrisi ke otak. Ketika pembuluh darah tersebut terhambat karena plak kolesterol atau bekuan darah maka hal ini akan mengarah pada gangguan suplai darah.
Ketika terjadi gangguan suplai darah ini pada akhirnya bagian otak tertentu tidak menerima oksigen dan nutrisi untuk beberapa saat. Kondisi ini disebut iskemia di mana sel-sel otak yang kelaparan dan tidak bisa lagi berfungsi secara normal. Hal ini menyebabkan stroke ringan atau transient ischemic attack.

Ketika aliran darah ke otak berkurang maka hal in akan merusak fungsi sel-sel otak sehingga menyebabkan beberapa masalah pada tubuh seperti kesulitan berbicara, kesulitan untuk menggerakkan tangan atau kaki, pingsan, dll.

Gejala-gejala ini dapat berlangsung selama beberapa menit sampai beberapa jam. Dan dalam waktu 24 jam, semua gejala biasanya akan hilang dengan sendirinya.


Penyebab stroke ringan

Gangguan suplai darah ke otak ini akan menyebabkan terjadinya stroke ringan. Gangguan suplai darah ke otak bisa dipengaruhi oleh penyempitan pada pembuluh darah ataupun mengalami ataupun penyumbatan karena emboli atau trombosis.

Ketika bekuan darah atau jaringan dari organ tubuh lainnya ini bergerak melalui pembuluh darah menuju keleher atau otak maka hal ini disebut dengan emboli. Sementara untuk terjadinya trombosis sendiri terjadi ketika gumpalan darah yang terbentuk dalam otak atau leher.

Bekuan darah ini tidak bisa melepaskan diri dengan mudah seperti gumpalan darah yang disebabkan oleh emboli. Kejadian tersebut menyebabkan penumpukan plak yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyumbatan atau penyempitan arteri yang disebut stenosis.

Dengan demikian, penyebab utama stroke ringan termasuk emboli, trombosis dan stenosis. Pembentukan Emboli sendiri sebagian besar karena kasus fibrilasi atrium, irama jantung yang tidak teratur, dll.

Trombosis dan stenosis terjadi ketika suatu daerah dalam otak rusak, baik karena aterosklerosis, plak, dll. Kondisi ini menyebabkan pengerasan dinding arteri, hilangnya elastisitas dan penurunan aliran darah.

Lalu bagaimana kita bisa mengetahui bahwa kita menderita stroke ringan ini?

Gejala stroke ringan tergantung pada bagian otak yang terpengaruh dan pada umumnya ditandai dengan vertigo, penglihatan ganda, kesulitan bicara, ketidakmampuan untuk menulis atau menggunakan tangan.

Beberapa gelaja stroke ringan lainnya seperti sakit kepala parah tanpa alasan apapun,
tiba-tiba kesulitan berjalan, kehilangan keseimbangan, mati rasa pada bagian wajah, lengan dan kaki serta perasaan pusing.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai penyebab stroke serta gejala tang dirasakan oleh penderitanya. Dan ketika gejala-gejala diatas anda alami maka segeralah mencari bantuan medis.