Penyebab Hilangnya Libido Pada Wanita

Penyebab Hilangnya Libido Pada WanitaHilangnya libido atau menurunnya minat atau keinginan untuk aktivitas intim. Dan penurunan hasrat untuk berintim ini umumnya dialami oleh wanita dewasa ini.

Hilangnya libido juga menjadi akar permasalahan dalam keretakan rumah tangga dimana ketika seorang isteri sudah tidak memiliki keinginan lagi dalam melayani suaminya dalam hal berhubungan intim.

Penurunan hasrat atau keinginan berhubungan intim ini biasanya dengan penurunan energi saat berintim salah satu masalah yang pailing sering dialami oleh wanita yang menopause.

Meskipun hilangnya libido adalah fenomena kompleks dari dimensi psikologis, relasional, fisik dan hormonal yang dialami oleh wanita. Gejala lain dari menopause, seperti kekeringan vagina dan iritasi, bisa juga berhubungan dengan gejala hilangnya libido.

Sebenarnya kehilangan libido sangat berbeda dengan ketidakmampuan untuk menjadi terangsang atau mencapai orgasme, wanita menopause juga dapat mengalami gejala disfungsi seksual ini.

Masalah kehilangan libido ini memang sangat banyak penyebabnya, dan mengetahui apa saja penyebab kehilangan libido mungkin akan sedikit membantu kedua pasangan daam memanajemen dengan baik masalah gangguan seksual ini.

Berikut ini adalah beberapa penyebab wanita kehilangan libido yang bisa anda lihat seperti dibawah ini.

Penyebab Hilangnya Libido

Seperti kebanyakan dari gejala menopause, penyebab utama hilangnya libido berakar pada ketidakseimbangan hormon. Namun pengaruh fisik, psikologis dan masalah hubungan juga dapat mempengaruhi libido selama menopause.

Pengaruh Estrogen

Fluktuasi hormon selama menopause, Estrogen memainkan peran penting dalam seksualitas perempuan dengan meningkatkan sensasi, membantu dalam produksi lubrikasi vagina, dan menjaga kesehatan jaringan vagina.

Tapi ketika seorang wanita mendekati menopause, tubuhnya mulai mengalami penurunan memproduksi estrogen. Hal ini dapat menyebabkan sejumlah gejala yang dapat berkontribusi terhadap hilangnya seorang wanita libido, seperti hot flashes, berkeringat di malam hari, menstruasi yang tidak teratur dan kekeringan vagina.

Pengaruh Progesteron

Hormon progesteron juga tidak terpisahkan untuk menjaga kesehatan seksual. Ketika tingkat hormon ini terlalu rendah selama menopause juga menyebabkan haid tidak teratur, kelelahan dan serta dapat menyebabkan hilangnya libido.

Penyebab lain hilangnya libido pada wanita dapat dipengaruhi keadaan emosional dan beberapa faktor lainnya seperti dibawah ini:

Pengaruh fisik

Penyebab fisik ( Disfungsi Seksual, pengaruh nyeri daerah tertentu disaat atau setelah berhubungan intim, pengaruh obat tertentu, histerektomi, Diabetes, Penyakit jantung, Anemia, Vagina kering, dll).

Pengaruh psikologis

Pengaruh psikologis (Stres, Kelelahan, hilangnya kepercayaan diri, penyakit prikologis seperti perubahan suasana hati, depresi, dan kecemasan).

Pengaruh hubungan dari kedua pasangan

Pengaruh hubungan kedua pasangan ( Perubahan kesehatan fisik pasangan, perubahan hubungan intim, pengaruh kesejahteraan, kurangnya komunikasi antara pasangan, dorongan seks yang rendah pada pasangan, dll.)

Jadi penurunan ataupun hilangnya libido pada wanita adalah gejala kompleksdari menopause serta beberapa gangguan psikologis lainnya. Oleh karena itu menjaga kesehatan fisik, psikologi, serta membangun komunikasi yang baik antar pasangan akan sangat membantu dalam mengatasi permasalahan penurunan libiido ini.