Ramuan Alami Untuk Penyakit Bronkitis

Ramuan Alami Untuk Penyakit BronkitisPenyakit Bronkitis adalah salah satu penyakit pada saluran pernafasan yang cukup menyiksa penderitanya.Bronkitis ini sendiri disebabkan karena batuk kronis dan flu sehingga ada peradangan akut pada trakea dan bronkus dalam paru-paru.

Virus yang menyebabkan influenza dan flu, serta bakteri seperti Mycoplasma pneumoniae, diketahui bertanggung jawab menyebabkan kondisi ini. Dan ketika salah satu dari mikroorganisme patogen ini bereaksi maka lapisan mukosa tipis saluran udara mengalami iritasi dan membengkak yang pada akhirnya merangsang pembentkan dahak dan mulai menumpuk pada paru-paru dan hanya disekresikan selama batuk.

Sementara mengalami batuk terus-menerus dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kerusakan paru-paru dan saluran pernafasan kita lainnya.

Meskipun saat ini sudah banyak jenis perawatan medis yang tersedia untuk penyakit bronkitis ini tapi mereka memiliki efek samping tertentu. Oleh karena itu jika ingin terhindar dari efek yang merugikan dari penggunaan obat kimia untuk bronkitis maka pilihan terbaiknya adalah dengan menggunakan obat herbal alami.

Cara mengobati penyakit bronkitis dengan menggunakan herbal alami juga tersedia beberapa pilihan yang bisa anda coba jika terserang bronkitis. Dan beberapa diantaranya adalah:

Jahe untuk Mengatasi Bronkitis

Jahe merupakan obat pilihan yang paling efektif dalam menyembuhkan bronkitis karena tanaman herbal yang satu ini diperkaya dengan minyak aktif dan senyawa fenol yang cukup tinggi sehingga membantu dalam melegakan saluran pernafasan.

Jahe ini juga merupakan unsur yang sangat penting dalam mengatasi batuk serta memiliki kemampuan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh sekaligus mengurangi serangan infeksi pada saluran pernafasan.

Eucalyptus untuk Mengobati Bronkitis

Eucalyptus memiliki aroma tajam serta memiliki minyak yang biasa digunakan dalam banyak salep dan obat batuk untuk membantu melonggarkan dahak, mengobati batuk, dan mengurangi penyumbatan lendir dalam saluran pernafasan.

Daun segar dari eukaliptus ini dapat diseduh selayaknya menyeduh teh lalu digunakan sebagai obat kumur untuk menenangkan sakit tenggorokan dan mengobati bronkitis dan penyakit flu.

Kemangi Untuk Meringankan Bronkitis

Kemangi merupakan jenis herbal yang memiliki sifat antibakteri dan antivirus sehingga sangat manjur dalam mengatasi masalah peradangan pada tenggorokan. Hanya saja , ramuan ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil.

Ginseng Pengobat Bronkitis

Ginseng yang selama ini dikenal sebagai ramuan untuk meningkatkan stamina mengandung komponen kimia aktif yang disebut ginsenosides yang ternyata sangat manjur dan efektif dalam mengatasi pembengkakan dan peradangan paru-paru dengan cara membersihkan bronkial. Tapi perlu di ingat bahwa orang dengan penyakit jantung akut atau penderita tekanan darah tinggi tidak dianjurkan menggunakan ramuan ini.

Untuk brokitis yang masih dalam tahap gejala awal, anda bisa mencoba membuat ramuan dari kunyit, jahe ataupun dari bawang putih. caranya, silahkan lihat pembahasannya dibawah ini.

Kunyit

Bubuk kunyit salah satu solusi paling efektif dan bermanfaat untuk gejala bronkitis. Caranya, ambil 1/2 sdt bubuk kunyit kemudian campur dengan 1/2 gelas susu setiap hari dengan dosis 2-3 kali dalam sehari. Obat ini bekerja lebih efektif pada saat perut kosong selama anda tidak menderita penyakit maag.

Jahe

Jahe salah satu obat herbal untuk gejala bronkitis dengan cara menyiapkan 1/2 sdt jahe, cengkeh dan lada masing-masing tiga kali dalam sehari.

Bawang putih

Pengobatan untuk gejala bronkitis lainnya adalah dengan menggunakan ramuan dari bawang putih karena bawang putih ini bersifat ekspektoran. Caranya, minum 1 sdt jus bawang putih setiap pagi sewaktu perut masih kosong (sebelum sarapan pagi).

Nah, demikianlah beberapa pilihan dalam alami dalam mengobati penyakit Bronkitis diatas semoga penyakit bronkitis anda segera sembuh.