Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Energi Tubuh

Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Energi TubuhJika anda merasa lemah dan lelah sepanjang waktu maka ini artinya bahwa anda membutuhkan makanan yang mengandung energi tinggi. Dan rasa lelah ini juga sebagai alarm pada tubuh bahwa mereka masih kekurangan asupan nutrisi penting.

Peran makananyang mengandung energi tinggi untuk menyediakan energi tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Makanan kaya karbohidrat kompleks, protein, vitamin, mineral, dan yang rendah gula, kolesterol dan lemak bertindak sebagai peningkat energi bagi tubuh.

Karbohidrat kompleks memberikan energi yang tahan lama bagi tubuh sementara protein tidak hanya membantu untuk melepaskan energi, tetapi juga bertindak sebagai penyedia energi cadangan ketika karbohidrat tidak tersedia.

Pisang, telur dan kacang-kacangan adalah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan energi. Dan untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat beberapa jenis makanan yang sebaiknya anda konsumsi jika anda sering merasakan lelah, letih dan loyo meskipun tubuh dalam keadaan bersantai.

Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Energi Tubuh

  • Gandum

Gandum merupakan sumber bohidrat kompleks dan sebagai sumber energi terbaik bagi para atlet. Selain itu, Gandum mengandung jumlah tinggi serat dan antioksidan sehingga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan. Makanan dari gandum juga dicerna tubuh secara perlahan-lahan sehingga menyediakan energi yang tahan lama.

  • Kacang-kacangan

Seperti halnya dengan gandum, kacang-kacangan merupakan sumber energi alami sekaligus sangat bermanfaat pada kesehatan tubuh lainnya.

Salah satu ciri khas yang menonjol pada kacang-kacangan adalah mereka rendah glikemik dan karenanya beberapa dari mereka merupakan sumber energi terbaik bagi pasien diabetes.

Mereka adalah sumber yang sangat baik dari karbohidrat kompleks dan dengan demikian berfungsi sebagai bahan bakar yang baik bagi tubuh sekaligus mampu menyerap kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu untuk mempertahankan tingkat kolesterol yang sehat. Kacang-kacangan merupakan sumber yang kaya mineral penting seperti kalium, magnesium, kalsium dan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

  • Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan segar memiliki manfaat yang cukup besar dalam meningkatkan kesehatan tubuh sekaligus penyedia energi yang baik. Cara memasak sayuran yang baik yaitu dengan cara mengukusnya untuk mempertahankan nutrisi mereka.

Sayuran seperti wortel, kubis dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah alami mereka untuk manfaat kesehatan maksimal. Selain itu, jika anda mencoba untuk menurunkan berat badan, sayuran berdaun hijau adalah pilihan terbaik anda.

Sayuran seperti kubis, brokoli dan bayam mengandung vitamin dan mineral dan memberikan tubuh dengan sangat dibutuhkan energi. Buah jeruk seperti jeruk kaya akan vitamin C, yang membantu untuk menghilangkan rasa lelah, sementara pisang tinggi kalium dan serat.

Beberapa jenis buah yang menyediakan energi dan stamina tubuh yang paling baik seperti: apel, pisang, pir, buah jeruk, anggur merah, alpukat, mangga, pepaya, dll.

Sementara untuk jenis sayuran, cobalah konsumsi bayam, wortel, kentang, kubis, brokoli, sayur kecambah, aspargus, dll.

  • Produk susu

Selain sayuran dan buah-buahan, beberapa produk susu merupakan sumber utama kalsium bagi tubuh. Asupan meningkatkan tingkat energi tanpa meningkatkan total asupan kalori atau lemak.

  • Makanan non vegetaria.
  • Beberapa jenis makanan non vegetarian juga diperkaya dengan protein dan vitamin, khususnya vitamin B12. Tapi meski protein yang diperoleh dari sumber hewani sangat penting bagi tubuh, anda sebaiknya mengkonsumsinya dalam jumlah moderat.

Seperti halnya dengan daging merah, daging ini mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi sehingga menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung. Sertakan jenis ikan dalam diet Anda karena ikan merupakan sumber protein, mineral dan vitamin yang rendah lemak.

Tubuh kita mengubah energi yang tersimpan dalam makanan kedalam bentuk energi yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh kita. Sementara makanan yang mengandung tinggi kalori yang mengandung gula hanya menyediakan energi sesaat dan tidak dapat bertahan lama.