Cara Memanfaatkan Mentimun Dalam Mempercantik Kulit

Mentimun Untuk Mempercantik KulitTahukah anda bahwa mentimun sangat baik untuk kesehatan kita terutama untuk kesehatan kulit. Kemampuan mentimun dalam meningkatkan kesehatan kulit tidak lepas dari kandungan silika, asam askorbat, caffeic, vitamin C, Vitamin E, dan banyak mineral seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium dan beberapa nutrisi penting lainnya yang ada dalam mentimun.

Beberapa manfaat mentimun sangat yang efektif bila digunakan untuk berbagai masalah kulit, termasuk bengkak di bawah mata, luka bakar, dermatitis dan sengatan matahari.

Untuk kecantikan kulit, mentimun atau buah ketimun ini dapat digunakan untuk menyamarkan lingkaran hitam dibawah kelopak mata , mencegah terjadinya kulit kering serta membuat kulit nampak lebih lembab jika digunakan dalam bentuk masker.

Untuk melihat lebih jelasnya tentang apa saja manfaat mentimun pada kulit kita, berikut penjelasannya.

Sebagai bahan pembersih kulit

Mentimun memiliki sifat pembersih kulit. Menerapkan jus pada kulit membersihkan kulit secara menyeluruh dapat mencegah penyumbatan pori-pori, membuat kulit lembut dan lentur. Mengkonsumsi jus mentimun segar juga dapat memiliki tindakan pembersihan dalam tubuh. Hal ini membebaskan dari berbagai racun kimia termasuk asam urat.

Cara memanfaatkan ketimun diatas, cukup dengan membuat ramuan dari jus mentimun, jus lemon, dan air mawar kemudian dicampur dengan perbandingan yang sama.

Usapkan campuran tersebut pada wajah anda dengan lembut dalam gerakan melingkar. Biarkan selama 5 menit lalu bilas dengan air hangat. Anda akan mendapatkan lebih bersih, halus, dan kulit bersinar. Anda juga dapat menggunakan jus mentimun dengan susu untuk membersihkan kulit anda.

Mentimun untuk Melembabkan Kulit

Kandungan air yang tinggi dalam mentimun menjadikan buah mentimun sebagai pelembab kulit. Kemampuan mentimun dalam melembabkan kulit juga terletak pada asam amino dan garam mineral yang membantu dalam merevitalisasi kulit.

Mentimun Sebagai Toner kulit

Mentimun dianggap salah satu bahan alami dalam mengencangkan kulit sehingga kulit nampak lebih sehat dan segar.
Cara memanfaatkan mentimun dalam mengencangkan kulit yaitu dengan terlebih dahulu membuat jus mentimun yang ditambahkan madu secukupnya. Aduk hingga rata lalu terapkan pada kulit secara teratur.

Mentimun untuk mengatasi jerawat

Cara membuat bahan pengobatan jerawat dari mentimun yaitu, Ambil ibuah mentimun kemudian diikupas lalu diiris tipis-tipis dan blender. Masukan ketimun yang diblender tersebut dalam semangkuk air. Biarkan selama sekitar satu jam hingga ampasnya mengendap lalu disaring. Gunakan hasil saringan untuk bahan pencuci wajah untuk mengurangi pertumbuhan jerawat anda.

Buah mentimun sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan kita, utamanya untuk membuat kulit lebih sehat, segar dan nampak lebih cantik alami.