Penyebab Nyeri Perut Yang Terasa Hingga Di Pangkal Paha

Penyebab Nyeri PerutNyeri perut sebelah kiri bawah terkadang dirasakan hingga kepangkal paha. Nyeri perut sebelah kiri ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor,  termasuk diantaranya adalah hernia inguinalis, usus buntu batu ginjal, torsi testis pada pria, tumor, dll.

Nyeri perut sebelah kiri bawah yang terasa hingga kepangkal paha perlu didiagnosa lebih lanjut oleh dokter ahli penyakit dalam untuk memastikan apa sesungguhnya yang menyebabkan rasa nyeri itu hingga dipangkal paha.

Tapi sebagai gambaran saja, dibawah ini mengenai pembahasan singkat mengenai faktor penyebab nyeri perut hingga terasa dipangkal paha, seperti:

Batu Ginjal

Batu ginjal dalam dunia medisnya dikenal dengan istilah Nephrolithiasis atau renal calculi yaitu suatu kondisi karena akumulasi mineral yang telah mengkristal di ginjal sehingga menimbulkan rasa sakit atau nyeri dibagian perut hingga kepangkal paha.

Tapi biasanya rasa sakit di perut sebelah kiri bawah karena batu ginjal juga disertai adanya jejak-jejak darah dalam urine sewaktu buang air kecil.

Hernia Inguinal

Ketika bagian dari saluran usus menonjol melalui titik lemah di dinding perut bagian bawah maka kondisi ini disebut dengan hernia inguinalis. Hernia inguinalis biasanya memanifestasikan dirinya dengan tonjolan di pangkal paha, nyeri di perut dan pangkal paha selama aktivitas fisik dan perasaan berat di pangkal paha saat berdiri

Radang usus buntu

Radang usus buntu atau dalam medisnya sering di istilahkan dengan apendisitis dan merupakan penyebab umum dari nyeri di perut bagian bawah dan pangkal paha. Rasa sakit ini paling sering dirasakan di daerah pinggul yang kemudian menyebar ke seluruh daerah perut bagian bawah.

Pada penderita radang usus buntu ini biasanya mengalami demam, mual hingga pembengkakan pada bagian perut.
Apendisitis ini merupakan kondisi yang harus segera ditangani oleh medis untuk mengangkat usus buntu tersebut.

Torsi testis

Torsi testis atau terpuntirnya korda spermatika yang bisa menjadi penyebab rasa sakit di pangkal paha dan perut bagian bawah pada pria. Rasa sakit dapat dirasakan di pangkal paha, perut dan skrotum. Kondisi ini juga ditandai dengan muntah, mual, pembengkakan skrotum dan testis.

Tumor pada saluran kemih

Tumor dari sistem kemih, saluran pencernaan dan sistem reproduksi dapat menyebabkan sakit perut. Dan pada ukuran tertentu, tumor mulai menekan organ-organ disekitarnya , menekan saraf dan pembuluh darah.

Tekanan ini pada akhirnya akan menghambat pengaliran darah sehingga menyebabkan kerusakan organ tubuh lainnya.
Jadi nyeri perut sebelah kiri bawah yang terasa hingga kepangkal paha pada umumnya disebabkan oleh beberapa kondisi medis diatas dan memerlukan intervensi medis.

Dan bagi anda yang sedang mengalami kondisi nyeri perut disebelah kiri bawah disertai nyeri di pangkal paha anda, maka sangat disarankan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan anda secara menyeluruh pada dokter ahli penyakit dalam yang telah terpercaya.