Apakah Sel Sperma Laki-Laki Bisa Habis?

Sel Sperma Laki-Laki Bisa HabisProduksi sel sperma pada kaum laki-laki bisa terjadi sepanjang hidup mereka, tapi meski demikian perlu di ingat juga bahwa proses produksi sperma dalam testis sendiri dari awal sampai akhir dibutuhkan waktu sekitar 70 hari. Tapi pada kondisi tertentu, proses produksi sperma juga bisa terhambat sehingga sangat sulit untuk membuahi sel telur wanita.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas sperma seorang pria termasuk diantaranya adalah morfologi sel sperma, kecepatan dan jumlah sperma itu sendiri. Dan jika salah satu hal ini terganggu maka besar kemungkinannya seorang pria mengalami kesulitan untuk membuahi sel telur.

Mobilitas sperma, adalah bagaimana gerak sperma dalam tubuh pria. Jika sperma dalam kondisi sehat maka lebih dari 50% dari sperma mereka yang aktif dan hanya sekitar 25% dari sperma tersebut yang bergerak cepat dalam satu arah.

Hal tersebut memungkinkan sperma untuk melakukan perjalanan ke telur wanita melalui saluran serviks, dan kemudian masuk ke dalam rahim. Setelah sperma bergerak melalui tuba falopi mereka kemudian dapat mencapai telur yang akan membantu untuk memulai hidup baru. Konsentrasi mengacu pada jumlah sel sperma dalam jumlah tertentu air mani. Kebanyakan pria memiliki 22 juta sel sperma per mili liternya.

Morfologi adalah bagaimana sperma terlihat dalam kaitannya dengan apa bentuk yang seharusnya dan jika sel sperma bentuknya aneh mengalami kelainan maka besar kemungkinan tidak akan mampu untuk membuahi sel telur.

Masalah kecepatan sperma juga dapat mempengaruhi kualitas sperma. Lebih dari 25% dari sperma akan dapat bergerak maju untuk membuahi sel telur. Jika mereka tidak memiliki kecepatan yang dibutuhkan maka mereka akan mati sebelum mencapai sel telur.

Faktor lain dalam kaitannya dengan kualitas sperma adalah masalah jumlah sperma. Untuk sel sperma pada pria normal setidaknya memiliki 50 juta sel sperma dan jika sel sperma kurang dari 40 juta maka hal itu mungkin menunjukkan bahwa pria tersebut kurang subur.

Untuk meningkatkan jumlah sel sperma sendiri bisa diatasi dengan dua cara yakni mengkonsumsi suplemen herbal yang mengandung Zinc dan asam amino. Khususnya Asam amino diyakini dapat meningkatkan volume cairan sperma sedangkan Zinc meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma yang dihasilkan.

Cara kedua adalah melalui latihan Kegel yang membantu orgasme seorang pria lebih lama sehingga hal ini bisa meningkatkan volume sperma itu sendiri.

Jadi mengenai pertanyaan tentang apakah jumlah sperma bisa habis jika dikaitkan dengan usia, jawabannya tentu saja tidak selama pria tersebut memiliki testis yang sehat.