Pengaruh Penipisan Dinding Rahim Pada Kehamilan

Penipisan Dinding Rahim Pada KehamilanApakah seorang wanita bisa melakukan persalinan normal setelah keguguran dan telah divonis oleh dokter memiliki dinding rahim yang tipis?

Penyebab keguguran sangatlah banyak baik karena pengaruh cedera fisik, pengaruh kualitas sperma dan sel telur, tipisnya endometrium (dinding rahim atau uterus), dll. Endometrium sendiri adalah lapisan rahim yang menebal dalam persiapan untuk implantasi embrio yang telah dibuahi.

Untuk kasus menipisnya lapisan endometrium diperlukan obat yang bisa meningkatkan kadar Estrogen yang tinggi karena jika kadar estrogen tidak memadai lapisan rahim akan tetap menipis. Sementara lapisan rahim yang memadai dan sehat setidaknya memiliki ketebalan 8mm.

Penyebab penipisan dinding rahim

Rendah kadar estrogen, aliran darah darah kerahim kurang memadai, adanya fibroid uterus, penyempitan arteri ke rahim, kerusakan pada jaringan endometrium karena kondisi medis tertentu.

Penipisan dinding rahim juga bisa disebabkan oleh pengaruh penggunaan Clomid dalam jangka panjang (obat yang digunakan untuk merangsang ovulasi), terutama bila digunakan untuk 3 siklus berturut-turut.

Penggunaan jangka panjang dari kontrasepsi oral yang mengandung progestin yang lebih tinggi juga telah dikaitkan dengan penipisan lapisan rahim.

Jika Anda memiliki lapisan rahim tipis, beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan ketebalan dinding rahim yaitu menghentikan penggunaan obat yang membuat penipisan dinding rahim dan lebih memilih terapi alami.

Penggunaan obat herbal dan suplemen yang meningkatkan sirkulasi, mendukung tingkat estrogen yang memadai (phytoestrogen), suplemen yang mengandung zat besi yang memadai merupakan saran yang terbaik yang bisa anda coba jika anda menginginkan kehamilan yang sehat dan persalinan yang lancar.

Jika anda sementara hamil dan khawatir akan keguguran kembali sebaiknya perbanyak asupan nutrisi yang berasal dari buah dan sayuran segar setiap hari.

Dua bulan pertama kehamilan, sebaiknya menghindari hubungan seksual. Setelah itu anda bisa melakukan hubungan intim yang lembut untuk menghindari tekanan yang kuat pada daerah perut.

Selama kehamilan, anda harus menghindari minum dan makanan yang mengandung alkohol, hindari kerja berat dan stres serta cobalah beristirahat sebanyak mungkin.

selain itu cobalah gunakan herbal yang bisa meningkatkan ketebalan dinding rahim anda serta latihan khusus yang bisa anda dapatkan di klinik kebugaran khusus ibu hamil.

Dan saran yang terakhir adalah mendapatkan pijat kesuburan dari ahlinya karena hal ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan keseimbangan hormon, memperlancar aliran darah kerahim dan leher rahim , membantu mengurangi stres sekaligus membantu penyembuhan dari trauma pasca keguguran.

Tapi Intinya adalah seorang wanita hamil yang telah keguguran dan memiliki dinding rahim yang tipis masih bisa hamil dan melakukan persalinan melalui jalan lahir dengan normal dan lancar selama ibu hamil tersebut telah memenuhi kebutuhan nutrisi untuk janin dan ibu hamil sendiri Dengan catatan lapisan dinding rahim mereka memiliki ketebalan minimal 8 mm.