Penyebab Utama Nyeri Perut Sebelah Kiri Bawah

Nyeri Perut Sebelah Kiri BawahNyeri di sisi kiri bawah perut sering dikaitkan dengam gangguan pada saluran pencernaan, namun beberapa faktor lain yang dapat menimbulkan rasa sakit atau nyeri dibagian sebelah kiri bawah perut, termasuk diantaranya adalah gangguan pada pembuluh darah, gangguan pada saluran kemih, gangguan pada organ reproduksi, dll.

Tapi jika Nyeri yang berlebihan terasa pada sisi kiri bawah perut anda bisa jadi itu merupakan gejala dari radang usus atau usus obstruksi, terutama jika sembelit hadir menyertainya.

Nyeri berat pada wanita dapat juga dapat terjadi akibat dari melilitnya ovarium, kista ovarium yang pecah, kehamilan ektopik ataupun karena penyakit radang panggul.

“Untuk nyeri di sisi kiri bawah perut pada pria mungkin hal tersebut karena terjadinya torsi (melilit) pada testis atau cedera”.

Nyeri berat yang datang secara bergelombang mungkin hal tersebut disebabkan oleh adanya batu ginjal. Trauma pada dinding tubuh, hernia, dan herpes zoster juga dapat menyebabkan nyeri pada sisi kiri bawah.

Nyeri yang terjadi secara mendadak, berat, dan berulang atau memburuk, atau yang disertai gejala serius lainnya seperti sulit buang air besar, tinja berdarah, muntah darah, kram perut ataupun mengalami perdarahan vagina maka dianjurkan untuk periksakan kondisi ini segera mungkin di dokter ahlinya.

• Nyeri karena ganggua pada saluran pencernaan.

Nyeri perut sebelah kiri bawah karena ganggguan pada saluran pencernaan, bisa jadi hal ini karena adanya infeksi bakteri, parasit atau virus pada saluran pencernaan Anda.

Selain itu, penyakit celiac, sembelit kronis, peradangan pada usus besar dan intoleransi pada makanan tertentu bisa menimbulkan nyeri pada perut sebelah kiri bawah.

Beberapa hal lain yang dapat menimbulkan nyeri perut bagian sebelah kiri bawah termasuk hernia perut, kanker pada organ disekitar panggul, endometriosis, batu ginjal, kram menstruasi, kista ovarium dan penyakit radang panggul.

Fibroid rahim (pertumbuhan abnormal jaringan otot rahim yang dapat menyebabkan pembesaran rahim atau ketidaknyamanan) serta abses perut, obstruksi usus, volvulus kolon, kehamilan ektopik, cedera pada testis, iskemia usus, dll.

Untuk mendiagnosa kondisi Anda, dokter atau praktisi kesehatan akan meminta jawaban dari beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan nyeri perut bagian kiri bawah anda, termasuk:

– Letak rasa sakit pertama kali dirasakan
– Apakah pernah merasakan hal ini sebelumnya
– Apakah rasa sakit itu hanya terjadi sekali-kali saja ataukah terus muncul
– Apakah rasa sakitnya secara terus meningkat setiap waktu
– Obat apa saja yang telah Anda konsumsi
– Apakah anda sedang hamil atau tidak
– Dll.

Dengan adanya jawaban atas pertanyaan tersebut barulah dilakukan pemeriksaan lanjutan dengan menggunakan perangkat yang bisa mengetahui secara pasti apa penyebab utama timbulnya nyeri perut bagian kiri bawah anda.