6 Makanan Terbaik Untuk Penderita Diabetes

6 Makanan Terbaik Untuk Penderita DiabetesBeberapa makanan yang terbaik untuk penderita diabetes termasuk alpukat, ikan, bayam, tomat, bawang merah, brokoli, putih telur, kacang-kacangan, blueberry, oatmeal, dan banyak lagi.

Diabetes merupakan penyakit metabolik yang mengakibatkan seseorang yang memiliki gula darah tinggi. Lebih dari 380 juta orang di seluruh dunia menderita penyakit ini, dan jumlahnya meningkat setiap tahun.

Penyakit diabetes sendiri dibagi menjadi diabetes tipe I dan Diabetes Tipe II dimana masing-masing memiliki sedikit perbedaan.

Diabetes tipe 1

Pada penderita diabetes tipe I berarti bahwa seseorang tidak dapat memproduksi insulin, hormon yang memungkinkan sel-sel dalam jaringan lemak dan otot rangka untuk menyerap glukosa (gula) dari darah.

Ketika tubuh kelebihan gula darah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk peningkatan rasa lapar dan haus (yang mengarah pada mengkonsumsi makanan secara berlebihan dan obesitas), buang air kecil meningkat dan masalah kesehatan yang lebih serius, seperti gagal ginjal, gangguan jantung, kerusakan penglihatan dan bahkan kematian.

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh kerusakan autoimun sel beta dalam pankreas yang membuat insulin. Dan jenis diabetes tipe I ini mewakili sekitar 10% dari kasus diabetes di dunia.

Diabetes Type 2

Diabetes Tipe II merupakan jenis diabetes yang paling banyak dialami oleh penderita diabetes.
Diabetes tipe 2 adalah hasil dari gaya hidup, bukan penyakit autoimun metabolik. Diabetes tipe 2 adalah ketidak mampuan pangkreas untuk memproduksi insulin dan tingginya asupan gula dalam tubuh.

Cara mengatasi diabetes sendiri salah satunya adalah dengan mengelola diet dengan benar. Dan untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa daftar makanan terbaik untuk penderita diabetes.

6 Makanan Terbaik Untuk Penderita Diabetes

1. Sayur Bayam

Sayur bayam dan brokoli mengandung rendah kalori dan rendah karbohidrat dan dikombinasikan dengan potensi antioksidan yang tinggi, membuat mereka ideal untuk mencegah penyakit diabetes.

2. Bawang putih

Meskipun dampak langsung terhadap diabetes belum jelas, bawang putih dikenal untuk mengurangi kolesterol dalam darah, mengurangi risiko stroke dan menurunkan tekanan darah yang semuanya berhubungan dengan komplikasi atau indikator resiko diabetes.

3. Ikan

Ikan sangat kaya akan asam lemak omega-3 yang berperan penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung pada penderita diabetes serta memiliki kombinasi yang sehat dari protein dan lemak yang bermanfaat untuk memperlambat penyerapan karbohidrat yang pada akhirnya membantu tubuh dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Beberapa jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega – 3 seperti salmon, mackerel, herring, Dll.

4. Putih telur

Putih telur merupakan protein tanpa lemak dan sangat rendah karbohidrat yang berarti bahwa hal tersebut tidak berdampak pada peningkatan kadar gula darah.

5. Tomat

Tomat merupakan jenis buah sayuran yang mengandung Karoten dan flavonoid yang tinggi. Dan kedua senyawa ini merupakan agen anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menurunkan risiko penyakit kronis seperti gangguan jantung, kolesterol dan gangguan diabetes.

6. Bawang Merah

Bawang merah mengandung senyawa yang bersifat Antioksidan. Beberapa kandungan penting dalam bawang merah seperti quercetin, capsaicin dan flavonoid membuat mereka tergolong makanan anti-kanker. Selain itu, bawang merah juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kemungkinan penyakit kronis seperti diabetes.

Nah, demikianlah 6 jenis makanan terbaik untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menderita diabetes atau pada indvidu yang sedang berusaha menormalkan kembali kadar gula dalam darah mereka.