Diet Terbaik Untuk Penderita Diabetes

Diet Terbaik Untuk Penderita DiabetesJika anda didiagnosis diabetes maka harus mengkonsumsi makanan yang rendah lemak, gula dan garam serta babarapa jenis makanan lainnya yang akan di bahas pada artikel ini.

Tingginya kadar gula dalam darah menyebabkan seseoarang menderita diabetes. Namun selain karena pengaruh sering mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi juga disebabkan oleh pengaruh penyakit lainnya seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Memiliki riwayat keluarga, peningkatan stres, kurangnya latihan fisik adalah beberapa penyebab utama obesitas dan diabetes. Mereka yang didiagnosis dengan pradiabetes atau diabetes harus mengikuti diet diabetes karena jika hanya dengan mengandalkan obat tidaklah cukup untuk mempertahankan kadar gula darah tetap normal.

Nah, untuk menstabilkan beberapa gangguan medis pemicu diabetes maka diperlukan diet yang berimbang dan menyehatkan.

Diet terbaik untuk penderita diabetes adalah diet rendah karbohidrat yang meliputi karbohidrat kompleks (makanan serat tinggi yang tidak menyebabkan fluktuasi kadar gula darah), lemak tak jenuh ganda yang sehat dan protein tanpa lemak yang baik dalam proporsi yang tepat.

Dengan diet karbohidrat rendah membantu mengontrol kadar gula darah sekaligus mendorong penurunan berat badan dan membantu menjaga kadar glukosa darah dan trigliserida tetap normal.

Diet rendah karbohidrat dianggap sebagai diet terbaik untuk penderita diabetes yang telah didiagnosis dengan kadar kolesterol tinggi serta membantu mencegah hipertensi.

Selain itu, diet rendah kolesterol dapat membantu mencegah komplikasi kesehatan yang serius yang berhubungan dengan diabetes. Dengan mengkonsumsi makanan glikemik rendah tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah secara spontan.

Untuk menurunkan kadar kolesterol dan diabetes harus megkonsumsi lebih banyak lagi makanan yang mencakup sayuran dan buah-buahan (karbohidrat kompleks dengan glikemik rendah) dan mengurangi daging (lemak jenuh) dalam diet Anda.

Menurut pedoman diet diabetes, penderita diabetes harus makan dalam jumlah porsi yang kecil dan sering makan dan sebaiknya tidak mengalami lapar untuk waktu yang lama karena hal ini membantu menghindari komplikasi seperti rendahnya kadar gula darah secara tiba-tiba.

Selanjutnya adalah jangan mengkonsumsi minuman dan makanan yang mengandung alkohol dapat meningkatkan gula darah dan kalori.

Untuk penderita diabetes, anda bisa mengkonsumsi roti gandum, jagung, beras merah, sereal, kacang-kacangan, ubi jalar, dll.
Makanan sehat untuk penderita diabetes termasuk pengganti lemak bebas atau rendah lemak susu yaitu yogurt, keju, dan kaldu rendah lemak.

Sayuran seperti selada, brokoli, bayam, kacang hijau, wortel, seledri, tomat, kubis, paprika, apel, stroberi, semangka, anggur, pepaya, jambu biji, dll dapat dimasukkan dalam diet karena jenis buah dan sayuran yang disebutkan tersebut menyediakan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat dan antioksidan.

Nah, demikianlah Diet terbaik untuk penderita diabetes diatas semoga bermanfaat bagi anda yang sedang menderita diabetes dan komplikasi lainnya.