Mengidentifikasi 5 Penyebab Katarak Mata

Penyebab KatarakMengidentifikasi penyebab katarak salah bentuk tindakan preventif yang terbaik sebelum anda mata positif menderita katarak. Dan dengan mengentifikasi penyebab katarak ini merupakan cara satu-satunya untuk menekan tingginya penderita katarak di Indonesia.

Katarak mata ini sendiri merupakan gangguan penglihatan karena pengaruh keruhnya pada lensa mata sehingga cahaya tak dapat menembus lensa mata yang pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan penglihatan yang berpotensi kebutaan jika lapisannya sudah tebal.

Mengidentifikasi penyebab katarak tentunya jauh lebih murah dibanding dengan ketika anda telah berurusan dengan gangguan katarak. Meskipundengan kemajuan dibidang medis, pilihan pengobatan katarak cukup banyak yang bisa dilakukan oleh medis baik dengan operasi katarak dengan cara manual maupun fakoemulsifikasi tapi hal ini belum dapat terjangkau oleh semua penderita katarak karena faktor biayanya yang sangat mahal.

Keruhnya lensa mata pada umumnya terjadi pada kaum manula karena faktor usia, namun katarak mata juga bisa terjadi segala umur termasuk pada anak-anak karena beberapa faktor yang mempengaruhinya. Termasuk diantaranya adalah karena faktor peradangan, cedera pada organ mata serta faktor-faktor penyakit mata lainnya.

Umumnya penderita katarak tidak menyadari bahwa ia sedang menderita gejala katarak karena perkembangan katarak ini terjadi secara bertahap sehingga tidak mengganggu penglihatan selama noda putih belum muncul pada lensa mata.

Tahapan perkembangan katarak yang berkaitan dengan usia dapat menyebabkan pengerasan lensa yang menyebabkan miopia, lensa mata berwarna kuning sampai putih secara bertahap.

Jadi dengan mengidentifikasi gejala dan penyebab katarak secara dini adalah ulasan singkat mengenai Mengidentifikasi 5 Penyebab Katarak seperti :

1. Usia : Usia seseorang menjadi penyebab umum katarak karena degenerasi organ mata.
2. Trauma : Salah satu kemungkinan terjadinya katarak karena trauma yang melibatkan mata dapat menyebabkan munculnya warna putih di lensa mata.
3. Keturunan : katarak mata bisa terjadi karena mereka memiliki riwayat katarak.
4. Faktor penyakit : Seseorang yang menderita dermatitis atopik dan eksim dapat memicu kekeruhan pada lensa mata sehingga lambat laun menyebabkan katarak. Selain itu, penderita kusta dan toksoplasmosis ( infeksi bakteri toksoplasma gondii) serta penderita diabetes juga rentan menderita katarak.
5. Pengaruh obat tertentu : obat-batan tertentu seperti jenis obat kortikosteroid yang jika dikonsumsi tanpa dosis yang tepat atau penggunaan obat dalam waktu lama bisa berpotensi menimbulkan katarak mata.

Nah, memahami 5 penyebab katarak diatas agar kiranya bagi mereka yang tergolong berpotensi menderita gangguan katarak bisa lebih berhati-hati dan selalu waspada ketika mengalami kejanggalan pada penglihatan dan segera periksakan kesehatan mata dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.