8 Jenis Amnesia yang Bisa Terjadi pada Diri Anda

Penyebab Hilangnya Daya IngatKehilangan memori atau hilangnya daya ingat biasanya sering dialami orang yang berusia tua maupun kaum muda, dan kehilangan memori ini dalam istilah medisnya dikenal dengan nama Amnesia.

Amnesia sendiri terjadi karena otak tidak dapat menyimpan informasi, baik informasi yang telah lama ataupun baru. Terkadang penderita amnesia ini tidak dapat mengingat peristiwa yang terjadi baik di masa lalu, peristiwa yang baru saja terjadi, ataupun semua peristiwa yang telah terjadi padanya.

Dalam dunia medis sendiri, amnesia memiliki beberapa jenis dan tergantung dari cara memori mereka bekerja.

Untuk mengenal lebih jauh dari jenis- jenis Amnesia ini mungkin ada baiknya untuk melihat uraikan singkat tentang 8 Jenis Amnesia yang Bisa Terjadi pada Diri Anda seperti dibawah ini:

1. Amnesia anterograde
Amnesia anterograde adalah gangguan memori atau gangguan daya ingat yang masih mampu mengingat peristiwa masa lalu, tapi tidak dapat memngingat kejadian yang baru saja dialaminya.

2. Transient global amnesia
Transient global amnesia adalah kasus yang parah anterograde amnesia adalah gangguan memori di mana pasien tidak mampu mengingat sama sekali kejadian yang baru saja dialaminya namun kenangan lama masih agak diingatnya meskipun tidak sepenuhnya.
Meskipun jarang terjadi, Transient global amnesia adalah kasus yang sangat mungkin terjadi pada setiap individu.

3. Amnesia infantil
Amnesia infantil yaitu bentuk kehilangan memori terjadi pada mereka yang tidak memiliki kenangan yang kuat sejak masa kecil mereka. Amnesia infantil ini ditandai dengan ketidak mampuan orang dewasa untuk mengingat kejadian dimasa kecilnya.

4. Amnesia retrograde
Amnesia retrograde adalah jenis kehilangan memori yang kebalikan dari Amnesia anterograde yaitu penderita dapat mengingat semua peristiwa yang baru saja terjadi akan tetapi tidak dapat megingat kejadian- kejadian dimasa lalunya.

5. Fugue amnesia
Fugue amnesia adalah bentuk amnesia yang terbentuk ketika seseorang mengalami peristiwa traumatis dalam hidupnya, di mana otak tidak dapat menangani dampak yang menghancurkan ini.

Dan ketika seseorang sembuh dari kejadian traumatis ini pada suatu hari dan pada saat yang sama individu tersebut tidak dapat mengingat mengenai siapa dia, bahkan nama mereka sendiri.

Mereka terlihat tidak tahu tentang apa yang mereka telah alami. Pada penderita Fugue amnesia ini masih dapat disembuhkan namun dalam beberapa kasus, Fugue amnesia ini dapat bersifat permanen.

6. Traumatic Amnesia
Traumatic Amnesia ini terjadi ketika terjadi kekerasan pada bagian kepala baik karena kecelakaan kendaraan ataupun karena mengalami pukulan benda keras di kepala mereka.

Memori dapat kembali normal namun hal ini tergantung pada seberapa parah kerusakan otak. Dalam beberapa kasus, orang dapat koma dan kehilangan kesadaran secara tiba-tiba.

7. Blackout Fenomena
Blackout Fenomena ini terjadi ketika seseorang sedang mabuk yang berlebihan sehingga tubuh mereka tidak dapat menanganinya. Tidak ada ingatan apapun pada peristiwa pada hari sebelum peristiwa.

8. Psikosis Wernike-Korsakoff
Psikosis Wernike-Korsakoff ini semacam amnesia yang dikaitkan dengan kekurangan gizi ataupun minum dalam dosis tinggi / berat. Kondisi ini semakin memburuk di mana salah satu dari bagian jari mereka mengalami mati rasa pada jari-jari sebagai akibat dari masalah neurologis.

Kehilangan memori (hilangnya daya ingat) merupakan gangguan pada otak dan biasanya sering dialami para MANULA. Kehilangan memori ini dalam istilah medisnya dikenal dengan Amnesia. Amnesia sendiri terdiri dari beberapa jenis dan beberapa diantaranya bisa bersifat permanen (tidak dapat disembuhkan).