8 Gejala Umum Penyakit Jantung

8 Gejala Umum Penyakit JantungPenyakit jantung bukanlah penyakit tunggal tetapi mengacu pada pada sekelompok kondisi di mana pembuluh darah yang memasok darah ke jantung ataupun organ jantung tidak dapat berfungsi secara normal.

Sebelumnya, diyakini bahwa penyakit jantung mempengaruhi terutama populasi yang lebih tua. Tapi saat ini penyakit jantung juga dapat dialami oleh kelompok orang dewasa muda. Hal ini terutama disebabkan oleh pengaruh gaya hidup dan diet yang buruk.

Penyakit jantung biasanya butuh waktu bertahun-tahun untuk memperlihatkan kemajuan dan menyebabkan kematian, dan mungkin mulai berkembang pada usia yang sangat muda. Namun, kebanyakan orang tidak menunjukkan gejala penyakit jantung sebelum mereka mencapai usia 50an atau 60an tahun.

Ada lebih dari 60 bentuk yang berbeda dari penyakit jantung, sehingga tanda-tanda mungkin tidak sama di segala kondisi. Berikut adalah tanda-tanda yang paling umum yang terkait dengan penyakit jantungyang bisa menjadi warning bagi anda untuk segera mengobatinya sebelum terlambat.

8 Gejala Umum Penyakit Jantung

1. Sesak napas

Sesak napas adalah gejala yang paling sering kita lihat pada pasien penderita penyakit jantung dan gagal jantung.
Kesulitan bernapas saat berolahraga atau aktivitas fisik lainnya dapat menunjukkan masalah dengan katup jantung. Tetapi juga dapat disebabkan oleh peradangan dan melemahnya otot jantung (kardiomiopati) yang menghasilkan kontraksi yang tidak tepat.

2. Nyeri dada (Angina)

Nyeri dada atau angina merupakan gejala klasik serangan jantung dan penyakit arteri koroner. Dan dalam beberapa kasus, nyeri dada dikaitkan dengan peradangan jaringan yang menutupi jantung (perikardium). Jenis dan durasi nyeri dada juga indikasi dari penyakit jantung yang mendasarinya.

Nyeri dapat digambarkan sebagai jangka pendek, konstan, menusuk atau tajam. Hal ini dapat berlangsung selama beberapa detik atau selama berjam-jam.

3. Pembengkakan pada kaki

Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki yang terlihat pada orang dengan gagal jantung kongestif karena kurangnya kapasitas pemompaan darah oleh jantung.
Hal tersebut diatas akan mempengaruhi ginjal yang menanggapi dengan mempertahankan lebih banyak cairan dalam tubuh. Cairan kemudian terakumulasi pada kaki dan bagian lain dari tubuh penderitanya.

4. Keringat dingin

Seseorang yang sangat mudah mengeluarkan keringat dengan deras tanpa melakukan aktivitas fisik mungkin merupakan gejala serangan jantung. Keluarnya keringat yang berlebihan ini terjadi ketika over aktifnya sistem saraf simpatik yang yang umunya terjadi pada pasien gagal jantung.

5. Kelelahan

Gejala penyakit jantung juga bervariasi pada pria dan wanita. Salah satu gejala umum dari gagal jantung dan serangan jantung pada wanita adalah kondisi tubuh yang lemah serta mudah capek. Rasa lelah ini juga sering terjadi pada populasi lanjut usia atau penderita diabetes yang juga berkomplikasi penyakit jantung.

6. Denyut nadi yang tidak teratur (palpitasi)

Denyut jantung yang kuat atau denyut nadi cepat adalah keluhan umum ketika mengunjungi ahli kardiologi. Kebanyakan palpitasi tidak hanya hasil dari kelainan jantung saja namun palpitasi ini mengindikasikan masalah jantung ketika berhubungan dengan gejala lain seperti sesak napas, kelemahan dan berkeringat.

7. Nyeri pada tungkai
Selain nyeri dada, beberapa orang mungkin mengalami rasa sakit intermiten atau konstan di bahu yang meluas ke seluruh lengan dan bahkan belakang.

8. Kehilangan kesadaran (syncope)

Kehilangan kesadaran adalah keadaan darurat yang memerlukan perhatian medis segera. Dalam beberapa kasus itu adalah tanda yang mengarah pada diagnosis penyakit jantung.

Jika Anda memiliki salah satu dari tanda-tanda di atas, anda harus berkonsultasi dengan dokter ahli jantung dan mendapatkan diagnosa yang lebih tepat sebelum komplikasi timbul.