4 Efek Samping CT Scan yang Harus Diwaspadai

Bahaya CT Scan pada KulitPemanfaatan CT (computerized tomography) scan dalam dunia medis sangat besar manfaatnya untuk mendiagnosa beberapa penyakit. Namun, CT scan ini memiliki beberapa efek samping terutama pada ancaman paparan radiasi.

CT scanadalah perangkat diagnostik medis yang mengambil gambar melalui X-ray dari bagian tubuh yang akan dianalisis untuk diagnosa.

Pada beberapa tahun terakhir, teknologi ini telah digunakan untuk mendiagnosa beberapa jenis penyakit seperti kanker, penyakit jantung dan komplikasi yang berhubungan dengan otot dan tulang.

Beberapa efek samping CT Scan yang mungkin dialami setelah menggunakan perangkat ini, seperti dibawah ini.

1. Reaksi Alergi

Salah satu yang paling umum efek samping pemindaian CT adalah reaksi alergi terhadap bahan kontras intravena. Bahan ini merupakan yodium bentuk cair yang diberikan diberikan dalam vena untuk membantu dalam pengamatan pada ginjal dan pembuluh darah.

2. Gangguan Kulit dan Masalah Pernapasan

Beberapa efek samping lain termasuk gatal, ruam kulit dan gatal-gatal. Reaksi-reaksi terakhir untuk kadang-kadang dan bisa diobati dengan antihistamin.

Beberapa pasien telah dilaporkan mengalami gejala yang lebih serius dari reaksi alergi. Dalam reaksi ini, orang mungkin mengalami masalah berat pada pernapasan atau dalam sebagian besar kasus, gatal-gatal dapat muncul pada kulit. Orang-orang yang bermasalah dengan ginjal, hati dan diabetes lebih rentan terhadap beberapa gangguan kulit dan pernafasan mereka.

3. Sangat Rentan Terhadap Perempuan dan Anak

Pengaturan jumlah radiasi dari CT scan diusahakan seminimal mungkin. Efek negatif dari CT scan lebih umum disebabkan karena biasanya ahli medis meningkatkan tingkat radiasi untuk mendapatkan gambar yang sangat jelas dari dalam tubuh pasien.

Wanita hamil dan janin merupakan individu yang sangat rentan terhadap efek samping dari radiasi. Oleh karena itu sebelum melakukan CT Scan ini, wanita yang sedang hamil hamil harus menginformasikan hal ini pada ahli medis mereka, dan seharusnya ahli medis harus memilihkan metode alternatif lain yang dipandang lebih aman dari penggunaan CT Scan ini.

4. Risiko Kanker

Salah satu efek yang paling menakutkan dari CT scan adalah dapat meningkatkan risiko kanker pada pasien. Penggunaan CT scan yang sering dapat menyebabkan over dosis radiasi. Over dosis radiasi ini meskipun masih terbilang sangat kecil kemungkinannya mengarah ke masalah kesehatan, namun dapat menyebabkan kanker.

Sebagai pasien, kita harus selalu menginformasikan pada radiografer bahwa anda pernah melakukan CT Scan sebelumnya dan atau anda mengalami semacam ketidaknyamanan selama proses tersebut.

Pemanfaatan CT (computerized tomography) scan dalam dunia medis sangat besar manfaatnya untuk mendiagnosa beberapa penyakit. Namun CT scan ini memiliki beberapa efek samping, terutama pada ancaman paparan radiasi.