Tanda-Tanda Proses Persalinan Akan Segera Tiba

Tanda-Tanda Proses Persalinan Akan Segera TibaKetika anda telah memahami dan merasakan tanda-tanda proses persalinan anda akan segera tiba, maka jangan ragu-ragu lagi untuk segera menghubungi bidan anda.

Tapi bagi anda yang belum memahami betul tanda-tanda akan dimulainya persalinan maka berikut ini adalah tahapan persalinan akan segera dimulai.

Tanda-tanda utama dari persalinan yang kuat, kontraksi teratur dengan keluarnya lendir dari leher rahim secara terus menerus.
Tanda-tanda lain ketika persalinan tidak lama lagi akan berlangsung mencakup pecahnya selaput, sakit punggung dan dorongan untuk pergi ke toilet, yang disebabkan oleh ketika kepala bayi anda menekan usus anda.

Seperti apa kontraksi yang dirasakan disaat akan dimulai persalinan?

Bila Anda memiliki kontraksi, rahim anda terasa mengencangkan dan kemudian rileks dengan rasa sakit sedikit lebih kuat dibanding saat haid. Anda mungkin memiliki kontraksi selama kehamilan, terutama menjelang akhir kehamilan.

Ketika anda mengalami kontraksi menyakitkan yang merasa lebih kuat dan bertahan lebih dari 30 detik yang berlangsung secara teratur, mungkin proses persalinan sudah dimulai. Dengan kata lain bahwa ketika proses persalinan akan segera terjadi, kontraksi cenderung menjadi lebih lama, lebih kuat dan lebih sering.

Selama kontraksi, rasa-sakit pada rahim anda terus meningkat bahkan untuk meletakkan telapak tangan anda saja diatas perut anda sudah sangat menyakitkan. Ketika otot-otot rahim rileks kembali maka rasa sakitnyapun akan menurun.

Rasa sakit pada kontraksi ini disebabkan oleh dorongan bayi anda ke bawah dan membuka leher rahim anda (pintu masuk ke rahim) sebagai persiapan untuk keluar melalui rahim ada.

Ketika kontraksi terjadi setiap lima menit dan berlangsung selama 30-60 detik maka anda sebaiknya segera memanggil bidan untuk membimbing anda untuk memulai proses persalinan.

Jika ingin mendapatkan perawatan yang lebih nyaman, anda bisa menginap dirumah sakit bersalinan untuk beberapa hari kedepannya.

Namun anda juga sebaiknya melakukan persalinan dirumah sakit ketika anda mengalami sebelumnya seperti hal-hal berikut ini;

• Sering merasakan sakit punggung yang berlebihan saat haid atau pada tahapan kehamilan.
• Ketika sedang hamil, plug lendir hadir dalam leher rahim anda. Tepat sebelum persalinan dimulai, atau pada awal persalinan, dimana lendir sedikit lengket, seperti jelly lendir berwarna merah muda .
• Hadirnya satu gumpalan atau lebih yang pink ( pengaruh lumuran darah) dan itu normal untuk kehilangan sejumlah kecil darah bercampur lendir. Namun jika anda kehilangan lebih banyak darah, mungkin menjadi gejala adanya masalah lain dalam rahim anda.

• Jika air ketuban anda pecah sebelum persalinan dimulai, telepon bidan atau rumah sakit untuk meminta nasihatnya karena tanpa cairan ketuban bayi anda tidak lagi terlindungi dan ada risiko infeksi.

Tanda-tanda segera dimulainya persalinan serta kapan waktu yang tepat untuk menghubungi bidan dalam memandu anda selama proses persalinan nantinya merupakan faktor penting dalam menjaga keselamatan anda dan bayi anda nantinya.