Penyebab Nyeri Punggung Setelah Persalinan

Woman Back PainNyeri punggung bawah setelah kehamilan ataupun persalinan sangat umum dialami oleh sebahagian kaum ibu muda.

Alasan utama nyeri punggung bawah setelah persalinan karena perubahan fisik yang terjadi pada tubuh ibu disertai dengan perubahan dalam kadar hormon selama menjalani kehamilan dan setelah persalinan.

Meregangnya rahim dan melemahnya otot-otot perut selama hamil sehingga meningkatnya tekanan pada punggung.
Pengaruh perubahan hormon tersebut melonggarkan sendi dan ligamen di daerah pinggul yang dapat menyebabkan peradangan dan misalignment sendi sehingga dapat menyebabkan nyeri punggung bawah.

Beberapa wanita yang telah menerima epidural (pembiusan) selama persalinan sering mengeluh nyeri dan sakit di punggung mereka setelah lahir, tapi ini biasanya surut dalam beberapa hari lahir. Meskipun pada beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa epidural tidak memberikan kontribusi yang signifikan penyebab nyeri jangka panjang setelah persalinan.

Penyebab nyeri punggung bawah setelah persalinan lainnya karena pengaruh upaya fisik dan ketegangan selama proses persalinan berlangsung juga dapat menjadi faktor penyebab.

Persalinan dengan menggunakan forsep ( salah satu jenis alat persalinan ) mungkin telah membuat tulang ekor memar yang akan menyebabkan linu kuat di sekitar tulang ekor.

Dalam kasus yang jarang terjadi tulang ekor juga bisa patah tapi hal ini cenderung dapat sembuh dengan sendirinya. Patahnya tulang ekor ini juga dapat menyebabkan sakit punggung yang parah setelah persalinan.

Nyeri punggung atas setelah kehamilan dan nyeri di sekitar dada dapat disebabkan oleh pengaruh tekanan bayi terhadap tulang rusuk yang menyebabkan nyeri pada tulang rusuk.

Tapi apapun faktor penyebab nyeri punggung tersebut jika rasa sakit yang terus-menerus dan parah di punggung, dada dan tulang rusuk maka perlu mendapat perhatian medis segera.

Nyeri punggung pasca melahirkan biasanya sembuh dalam beberapa bulan seiring tubuh secara perlahan kembali ke bentuk normalnya. Namun jika rasa sakit parah dan berlangsung terlalu lama (lebih dari enam bulan), maka sebaiknya mengunjungi spesialis chiropractor kembali.

Sementara itu, pilihan pengobatan sakit punggung setelah persalinan yang terbaik adalah berolahraga, khususnya latihan untuk memperkuat otot-otot perut dan punggung.

Namun sebelum anda melakukan latihan memperkuat otot-otot perut dan punggung amda sebaiknya harus mendapatkan persetujuan dari dokter anda.