Daftar Makanan Penurun Kolesterol

Daftar Makanan Penurun KolesterolTingginya kadar kolesterol dalam darah dapat diturunkan (dinormalkan) dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol. Dan beberapa daftar makanan penurun kolesterol yang tinggi, seperti ikan tuna, ikan salmon, bawang putih, buah apel, dll.

Seperti kita ketahui bahwa tingginya kadar kolesterol dapat memicu tingginya lipid (hiperlipidemia) yang dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau stroke.

Hal diatas juga dapat mengakibatkan penyempitan pada dinding arteri sehingga menghambat aliran darah ke jantung, otak dan seluruh tubuh dan secara substansial dapat meningkatkan peluang pengembangan bekuan darah. Selain itu orang dengan kadar kolesterol tinggi (lebih dari 5mmol/L) semakin berisiko terkena penyakit koroner dan kardiovaskuler.

Olehkarena itu, jika anda didiagnosis memiliki kadar kolesterol yang berlebihan maka diet makanan yang bersifat penurun kolesterol adalah cara cepat untuk menormalkan kembali kadar kolesterol anda.

Daftar Makanan yang Turunkan Kolesterol

Kenari dan almond penurun kolesterol

Mengkonsumsi segenggam kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, dan kenari dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Bahkan diperkaya dengan asam lemak tak jenuh ganda dan ketahui secara signifikan dapat mengurangi kolesterol darah dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Ikan penurun kolesterol

Tingginya kadar asam lemak omega -3 dalam ikan dan minyak ikan memiliki manfaat penurun kolesterol. Kehadiran asam lemak ini juga membantu jantung dengan mengurangi tekanan darah dan meniadakan risiko pembekuan darah. Dan tingkat tertinggi asam lemak omega-3 pada ikan dapat ditemukan pada ikan sarden, tuna dan salmon.

Kedelai penurun kolesterol

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi kedelai hitam dapat mencegah obesitas, kolesterol LDL dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Bawang putih penurun kolesterol

Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Kandungan bahan kimia yang disebut allicin sebagai anti bakteri atau jamur. Demikian juga halnya dengan mencegah terjadinya gumpalan darah dan mengatur tingkat normal kolesterol tubuh.

Kayu manis penurun kolesterol

Sebuah studi telah menemukan bahwa mengkonsumsi setengah sendok teh kayu manis sehari secara signifikan mengurangi kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 dan juga mengurangi LDL, kolesterol jahat serta kadar kolesterol total.

Buah dan sayuran penurun kolesterol

Buah dan sayuran seperti apel, pir, jeruk, blueberry, kacang, wortel, aprikot, kubis dan ubi jalar yang dikenal untuk membantu dalam menurunkan kolesterol.

Apel mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan kuat menurunkan pengolahan aktif dari LDL atau kolesterol jahat. Flavonoid berfungsi sebagai hambatan virtual untuk kolesterol LDL yang menyumbat aliran darah. Hal yang sama berlaku untuk anggur.

Tanaman Sterol atau Stanol

Produk makanan seperti margarin, jus jeruk dan minuman yogurt diperkaya dengan sterol atau stanol yaitu zat yang ditemukan dalam tanaman yang dapat menyerap kolesterol lebih dari 10 persen.

Jus anggur

Antioksidan dalam jus anggur memperlambat oksidasi kolesterol sementara jus cranberry meningkatkan kadar kolesterol “baik” (HDL) dalam tubuh. Juga jus delima membantu mengurangi penumpukan plak karena meningkatnya kadar kolesterol dan meningkatkan nitrat oksida produksi yang membantu mengurangi plak arteri.

Alpukat

Meskipun alpukat mengandung sejumlah lemak, lemak ini adalah lemak sehat yang tidak menyebabkan masalah kesehatan. Lemak dalam buah alpukat ini dalam bentuk tak jenuh tunggal yang dapat membantu untuk menurunkan LDL dalam tubuh.
Makanan lain yang bisa membantu menurunkan kolesterol seperti:

• Kedelai
• Blueberry
• Tahu
• Pisang
• Brokoli
• Kembang kol
• Salmon
• Bayam
• Seledri

Jadi, jika anda didiagnosis memiliki kadar kolesterol tubuh yang tinggi , anda bisa mencoba meningkatkan konsumsi beberapa daftar makanan yang bisa menormalkan kembali kadar kolesterol anda.