Penyebab Medis Bibir Sering Berkedut-Kedut

Bibir Sering Berkedut-KedutBibir berkedut-kedut seringkali ditafsirkan dengan hal-hal atau peristiwa yang akan terjadi, padahal kedutan pada bibir umumnya karena gejala dari kelelahan atau stres.

Kelebihan asupan kafei, gangguan kecemasan, pengaruh obat stimulan, penyalahgunaan alkohol danlain sebagainya kemungkinan menjadi penyebab bibir berkedut-kedut.

Kedutan pada bibir juga dapat menunjukkan suatu kondisi medis parah dalam tubuh yang mendasarinya.

Terlepas dari kepercayaan yang berkembang dikalangan masyarakat awam kebanyakan, bibir berkedut-kedut atau yang biasa dikenal dengan istilah fasikulasi bibir disebabkan karena kontraksi abnormal dan tidak teratur dari serat otot di daerah sekitar bibir.

Kontraksi abnormal ini juga dapat terjadi karena adanya iritasi, luka dan atau stimulasi ujung saraf dalam otot-otot bibir.
Meskipun berkedut di bibir yang paling sering diabaikan akan adanya pengaruh medis, tapi tidak sedikit orang yang sering mengalami kedutan pada bibir didiagnosis dengan masalah medis tertentu yang akan dibahas seperti dibawah ini.

Kondisi umum penyebab bibir berkedut-kedut

Jika anda menderita infeksi virus seperti herpes genital mungkin anda akan mengalami bibir anda berkedut-kedut dan terkadang pula disertai kedutan daerah lain pada wajah anda.

Penyebab bibir berkedut-kedut pada kndisi medis yang berat maka tidak terlepas juga pada masalah amyotrophic lateral sclerosis.

Amyotrophic Lateral Sclerosis adalah gangguan neurologis mengenai kelemahan otot yang menyebabkan kecacatan dan akhirnya kematian. Penyebab di balik kondisi bisa terjadi karena mutasi pada gen, gangguan autoimun, ketidakseimbangan kimia dalam tubuh dan masalah dengan regulasi protein.

Sebagian besar, kondisi yang tak tersembuhkan ini menyebabkan otot berkedut di tungkai, tetapi juga dapat dikaitkan dengan berkedut wajah. Sebagai kondisi berlangsung, itu membuat sulit bagi orang untuk berjalan, menggunakan tangannya untuk memegang sesuatu, berbicara dengan baik, dan menyebabkan otot kram pada tungkai dan bahkan lidah.

Penyebab lain dari kedutan pada bibir yaitu Hemifacial spasm (HFS). HFS ini adalah gangguan sistem saraf yang mempengaruhi cabang tertentu saraf dan menyebabkan kejang wajah. Biasanya kejang berasal sekitar mata dan dapat menyebar ke seluruh setengah dari wajah.

Dan bibir bergerak-gerak bisa menjadi salah satu gerakan wajah involunter disebabkan oleh masalah medis ini. Kondisi ini bisa menjadi hasil dari pembuluh darah menekan saraf wajah, cedera saraf wajah atau tumor.

Hipoparatiroidisme mengacu pada rendahnya produksi hormon (parathormon) oleh kelenjar paratiroid. Kondisi langka ini menciptakan ketidakseimbangan dalam tingkat kalsium dan fosfor dalam tubuh, pada dasarnya menurunkan kalsium dan meningkatkan jumlah fosfor.

Di antara gejala yang ditunjukkan oleh gangguan ini adalah kejang otot mulut yang meliputi bibir, dan otot-otot tenggorokan dan anggota badan.

Untuk menyimpulkan, pengobatan melibatkan mendeteksi apa yang menyebabkan berkedut otot di bibir. Setelah penyebab yang mendasari dapat dipastikan maka barulah ditentukan pengobatan.