9 Gejala Penyakit Jantung yang Wajib Anda Waspadai

Gejala Penyakit JantungPeningkatan pasien jantung semakin hari kian meningkat, hal ini disebabkan karena sangat jarang pasien yang memeriksakan kondisi jantung mereka saat masih dalam tahap gejala.

Hal tersebut disebabkan karena sebahagian besar dari mereka tidak mengetahui apa saja gejala awal penyakit jantung sehingga mereka kerap mengabaikannya.

Itulah sebabnya mengapa kita harus mengetahui tentang gejaa-gejala awal penyakit jantung dan bagaimana membedakan dengan jgejala medis lainnya.

Dan berikut ini adalah 9 Gejala Penyakit Jantung yang mesti kita ketahui, seperti:

1. Sering Kelelahan

Jika anda seringkali merasakan tubuh anda merasa lelah meski anda tidak melakukan aktivitas berat apapun, besar kemungkinannya hal ini merupakan gejala penyakit jantung.

2. Sering Berkeringat

Umumnya orang berkeringat ketika sedang beraktivitas atau pada kondisi cuaca panas, tetapi jika anda berkeringat ketika cuaca tidak begitu panas dan juga ketika anda tidak sedang beraktivitas apapun maka kemungkinan hal ini disebabkan karena gejala jantung.

3. Kehilangan nafsu makan

Gejala awal penyakit jantung adalah pembengkakan di perut sehingga membuat Anda kehilangan nafsu makan dan mual yang berlebihan

4. Perasaan cemas dan tegang

Penyakit jantung juga dapat terjadi pada individu yang mengalami trauma, sering tegang, ketakutan dan kecemasan.

5. Nyeri pada lengan kiri

Gejala penyakit jantung lainnya adalah rasa nyeri yang timbul pada lengan kiri bisa menjadi tanda awal penyakit jantung oleh kaum pria. Sedangkan pada wanita, nyeri bisa terjadi pada kedua lengan, dada pada anggota tubuh lainnya.

6. Sakit kepala

Pada pasien dengan penyakit jantung akan mengalami sakit kepala jika ia terkena sinar matahari. Sakit kepala ini timbul karena disebabkan oleh denyut jantung yang tidak teratur ( terkadang cepat atau lambat).

7. Denyut jantung tidak teratur

Jika anda mengalami denyut jantung yang tidak teratur, anda harus segera memriksakan kondisi kesehatan anda.
Denyut jantung yang tidak teratur umumnya terjadi karena penebalan otot-otot katup jantung. Hal ini menyebabkan penyempitan terjadi pada katup sehingga menyebabkan kebocoran.

8. Sesak napas

Sesak nafas disebabkan oleh penebalan pembuluh darah yang menghambat pasokan darah ke seluruh tubuh.

9. Pembengkakan pada kaki dan perut

Pada individu yang mengalami gejala jantung umumnya terjadi pembengkakan pada pergelangan kaki dan bagian perut.
Jika Anda mengalami tanda-tanda atau gejala di atas, anda harus segera pergi ke dokter agar segera mendapatkan perawatan yang tepat.