5 Penyebab Sakit Kepala Selama Kehamilan dan Cara Mengatasinya

Obat  Sakit KepalaSakit kepala, mual, sakit punggung, nyeri pada bagian kaki dan beberapa gangguan kesehatan lainnya merupakan hal yang biasa terjadi disaat menjalani kehamilan.

Meskipun sakit kepala ini mungkin tidak separah sakit punggung atau nyeri pada kaki, akan tetapi akan membuat para ibu tidak meransa nyaman. Dan yang parahnya lagi, anda tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi obat untuk menurunkan sakit kepala anda karena bisa berpengaruh pada keselamatan janin anda.

Oleh karena itu, mengetahui penyebab sakit kepala adalah cara terbaik untuk mencegah timbulnya sakit kepala.

Berikut adalah beberapa penyebab utama sakit kepala selama kehamilan yang harus anda ketahui.

5 Penyebab Sakit kepala Selama Kehamilan dan Cara Mengatasinya

1. Pengaruh Stres dan ketegangan
Sakit kepala bisa timbul karena terjadi ketegangan kepala disaat anda mengalami stres yang berkepanjangan.

Seperti kita ketahui bahwa sebahagian besar wanita hamil mengalami stres disaat menjalani kehamilan, utama pada trimester pertama.

Untuk dapat terhindar dari stres dan ketegangan ini yaitu dengan melakukan beberapa latihan tentang teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga.

2. Sakit kepala karena Hormonal
Perubahan hormonal merupakan bagian yang tak terpisahkan dari ibu hamil. Perubahan hormonal ini bisa menyebabkan beberapa gangguan seperti mual, gangguan pada kulit dan juga bisa menyebabkan sakit kepala.

Untuk mengatasi sakit kepala karena perubahan hormonal ini, anda hanya membutuhkan udara segar dan suasana hati yang nyaman serta mencoba sedikit ngemil makanan yang terbuat dari cokelat.

3. Rendahnya Kadar Gula Darah
Rendahnya kadar gula dalam darah disaat menjalani kehamilan bisa menyebabkan timbulnya sakit kepala. Sakit kepala karena rendahnya kadar gula darah dapat diketahui melalui pemeriksaan madis. Dan selain itu, kita bisa ketahui dengan sering munculnya sakit kepala disere hari.

Untuk mengatasi sakit kepala karena gangguan kurangnya kadar gula darah, anda hanya membutuhkan minuman berenergi.

Makanan dan minuman yang dianjurkan untuk meningkatkan gula darah yaitu susu, mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya serat.

Hal yang harus dihindari adalah mengkonsumsi kafein, kurangi konsumsi karbohidrat dan kurangi aktivitas yang berat-berat.

4. Penarikan Gejala
Wanita yang perokok atau pecandu kafein akan sering mengalami sakit kepala selama kehamilannya. Dan sakit kepala yang muncul mungkin merupakan gejala penarikan dari stimulan tersebut.

5. Dipicu Sakit Kepala
Saat menjalani kehamilan, tubuh mengalami perubahan yang signifikan termasuk perasaan yang sangat sensitif baik terhadap suara bising maupun cahaya lampu yang sangat terang.

Satu-satunya cara untuk menghindari sakit kepala ini dengan menghindari pemicunya. Cobalah untuk mencari suasana yang sunyi dimana anda bisa merasa nyaman.

Sakit kepala merupakan hal yang biasa terjadi disaat menjalani kehamilan, penyebabnya bisa bermacam-macam. Untuk mencegahnya, anda bisa menghindari penyebab utamnya seperti yang tertera dalam 5 Penyebab Sakit Kepala Selama Kehamilan dan Cara Mengatasinya siapa tau saja bisa membantu anda.