Penyebab Rasa Gatal Pada Puting

Penyebab Rasa Gatal Pada PutingJika puting anda gatal, bersisik dan pecah-pecah, anda mungkin sedang menderita eksim.  Namun rasa gatal pada puting karena eksim terkadang hanya menyerang pada puting saja tapi tidak menutup kemungkinan bisa mempengaruhi disekitar puting (areola).

Ada banyak hal memang yang bisa menyebabkan gatal pada puting selain dari eksim. Beberapa kemungkinan lain penyebab gatal pada puting yaitu:

– Faktor alergi, peradangan, atau bahkan iritasi fisik dan ataupun iritasi kimia, seperti sabun dan deterjen cuci, kulit kering, dan efek samping obat.
– Dermatitis kontak juga bisa menyebabkan puting gatal.
– Gejala kanker payudara (namun sangat jarang terjadi).

Jadi tidak ada salahnya jika anda juga memeriksakan kondisi kesehatan anda secara menyeluruh pada dokter ahlinya.
Jika rasa gatal pada puting atau area payudara karena eksim, maka anda bisa menggunakan obat eksim alami seperti dibawah ini.

Obat puting yang gatal karena eksim


• Minyak kelapa, bila diterapkan pada daerah yang terkena dapat menyembuhkan eksim secara alami.

• Selain minyak kelapa, mengoleskan setetes minyak peppermint yang diencerkan sedikit dengan air pada bagian yang terkena eksim dapat mengurangi rasa gatal yang timbul.

• Untuk masalah eksim, anda bisa mengoleskan minyak nilam pada bagian puting yang gatal selama minyak tersebut tidak menimbulkan alergi pada puting anda.

• Krim herbal dan gel juga efektif dalam mengurangi gejala eksim. Krim yang dibuat menggunakan ekstrak herbal dari witch hazel, licorice dan chamomile dapat secara signifikan mengurangi pembengkakan, kemerahan ataupun rasa gatal pada puting.

• Membuat pasta dengan mencampurkan 1 sendok teh kayu cendana dalam 1 sendok teh kapur barus dan menerapkannya pada daerah yang terkena. Kadang-kadang, pasta halus 1 sendok makan daun mimba dan 1 sendok makan bubuk kunyit, juga mampu mengobati eksim.

• Minyak vitamin E juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan eksim sangat. Memijat dengan beberapa tetes minyak vitamin E sehari-hari juga dapat bekerja keajaiban untuk membersihkan eksim cepat. Alpukat juga menunjukkan kulit bergizi sifat sebagai penuh sesak dengan vitamin esensial.

• Untuk mengobati rasa gatal pada puting karena eksim, mengkonsumsi melon, makanan yang kaya asam lemak omega- 3 serta minum jus tomat merupakan cara mengatasi eksim lewat diet.

Tapi sebelum anda menentukan pilihan pengobatan anda, sebaiknya terlebih dahulu untuk mengetahui apa penyebab pastinya gatal pada puting anda dengan mengunjungi dokter yang terdekat.