Pengobatan Sendi Lutut Kaku Setelah Duduk

Sendi Lutut Kaku Setelah DudukApakah sering merasakan sendi lutut anda kaku setelah duduk meski hanya beberapa saat lamanya? Ya, Kakunya sendi sehabis duduk atau setelah lutut ditekuk atau terlipat adalah salah satu gejala dari osteoarthritis lutut.

osteoarthritis lutut memang tidak selamanya terasa sakit dan sendi terasa kaku yang berlangsung lama. Kebanyakan kasus kekakuan pada sendi lutut hanya berlangsung selama beberapa menit, sehingga memungkinkan penderitanya untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari mereka.

Seperti kita ketahui bersama bahwa sendi adalah tempat di mana dua tulang yang berbeda saling terhubung satu sama lain. Ujung-ujung tulang yang dilapisi dengan jaringan elastis yang dikenal sebagai tulang rawan.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa tulang rawan terletak diantara kedua tulang tersebut. Dalam anatomi lutut ada empat tulang yang berhubungan dengan sendi lutut sehingga tidak mengherankan jika sendi lutut ini merupakan sendi terbesar yang dimiliki oleh manusia.

Mengenai penyebab Sendi lutut kaku setelah duduk, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kondisi tersebut bisa kita alami. Dan berikut penjelasannya.

Sendi lutut terasa kaku setelah duduk

  • Osteoarthritis lutut

Sering mengalami nyeri sendi dan kekakuan pada lutut setelah duduk bisa berarti bahwa orang tersebut menderita osteoarthritis.

osteoarthritis adalah masalah umum di mana ada keretakan pada ujung tulang rawan. Akibatnya, tulang langsung bersentuhan dan bergesekan satu sama lain selama persendian lutut digerakkan.

Namun, kondisi ini tidak terjadi tiba-tiba tetapi merupakan sebuah proses dari kerusakan progresif lambat dari tulang rawan dan kemudian sendi.

Kekakuan setelah duduk, nyeri saat berjalan adalah keluhan yang paling umum pada osteoartritis lutut.

  • Chondromalacia patelae

Lutut terasa kaku setelah duduk juga dapat disebabkan oleh chondromalacia patelae. Kondisi ini biasanya mempengaruhi tulang rawan yang terletak tepat di bawah tempurung lutut (patella).

Chondromalacia patelae merupakan istilah yang mengacu pada cederanya tulang rawan patelae sehingga tidak bisa menahan beban yang diberikan padanya.

Hal ini terjadi karena tulang rawan yang letaknya di bawah tempurung lutut ini menjadi lunak sehingga rentan terhadap kerusakan.

Tulang rawan ini untuk mencegah tempurung lutut dari bergesekan dengan bagian bawah tulang paha. Tapi dalam kasus chondromalacia patelae tempurung lutut tidak selaras dengan benar dengan tulang paha sehingga tulang rawan kemungkinan untuk rusak.

Hal ini terjadi karena tempurung lutut tidak dalam posisi yang tepat sehingga menyebabkan goresan terhadap ujung bawah tulang paha (meskipun diantarai oleh tulang rawan).

DAn tidak mengherankan jika kondisi Chondromalacia patelae paling umum ditemukan pada mereka yang telah berusia lanjut dan orang dewasa yang sering mengangkat beban berat.

Pengobatan Sendi lutut kaku setelah duduk

Perawatan untuk sendi lutut kaku setelah duduk tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Untuk mendiagnosa masalah lutut, Scan MRI atau melakukan Artroskopi sendi yang terkena sering direkomendasikan untuk mendapatkan gambar yang jelas tentang kondisi sendi.

Beberapa bentuk pengobatan berdasarkan diagnosa dokter seperti dibawah ini:

Obat seperti acetaminophen dan penggunaan obat anti-inflamasi non steroid sangat membantu untuk menjaga ketidaknyamanan yang terjadi.

Aplikasi air hangat secara rutin dan terapi alternatif es untuk mengurangi nyeri lutut. Jika tidak ada yang berhasil, memperbaiki masalah lutut dengan prosedur bedah seperti penggantian lutut atau meluruskan tempurung lutut mungkin dianjurkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengambil suplemen glucosamine dan chondroitin sulfat adalah pilihan lain untuk mengobati osteoarthritis.
Obat alternatif ini akan merangsang pertumbuhan tulang rawan dan memberikan fleksibilitas pada tulang rawan.

Demikianlah informasi mengenai bentuk pengobatan sendi lutut yang nyeri dan kaku setelah duduk atau saat digerakkan diatas, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami masalah nnyeri dan kaku pada lutut tersebut.