Tahapan dan Diagnosa Kanker Tulang

imagesTahapan dan Diagnosa Kanker TulangGejala kanker tulang berkembang dari waktu ke waktu. Sel-sel kanker tumbuh dengan cepat dan menyebar ke seluruh jaringan tulang bagian dalam. Kanker kemudian dapat menyebar ke daerah sekitarnya.

Setelah mencapai kelenjar getah bening dengan mudah dapat bermetastasis ke organ lain. Stadium kanker dapat ditentukan dengan mengamati ukuran, penyebaran, dan kelas tumor. Tumor dikatakan bermutu tinggi ketika tampaknya tumbuh dan menyebar lebih cepat dan juga terlihat tidak normal di bawah mikroskop.

Tahapan Perkembangan Kanker Tulang

Tahapan perkembangan kanker tulang dibagi menjadi empat tahap yaitu:

Pada tahap pertama, kanker terbatas pada tulang.
– Tumor di tahap kedua dianggap bermutu tinggi, meskipun kanker masih terbatas pada tulang di mana ia mulai tumbuh.
– Tahap ketiga ditandai dengan tumor bermutu tinggi yang hadir di lebih dari satu tempat pada tulang yang terkena.
– Pada tahap keempat, kanker mulai menyebar ke kelenjar getah bening terdekat, paru-paru atau daerah lainnya.

Diagnosa Kanker Tulang

Beberapa tes diagnostik dan tes pencitraan perlu dilakukan untuk mendiagnosis kanker tulang. Selain melakukan tes diagnostik dan pemeriksaan fisik, dokter juga menganalisis sejarah dan keluarga riwayat medis pasien.

Pemeriksaan X-ray juga dapat dilakukan bersama dengan scan tulang, MRI, CT scan, bone scan radionuklida, atau tomografi emisi positron untuk mengidentifikasi perubahan abnormal dalam struktur tulang.

Jika tes mengungkapkan adanya pertumbuhan abnormal, biopsi dilakukan untuk menentukan apakah pertumbuhan jinak atau ganas.

Setiapkali seseorang didiagnosis dengan kanker tulang, dokter dapat merekomendasikan pilihan pengobatan seperti kemoterapi, radioterapi, terapi target dan perawatan paliatif untuk menghancurkan sel-sel kanker dan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Kadang-kadang, operasi mungkin dilakukan untuk menghilangkan pertumbuhan kanker.

Berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan perawatan kanker tulang, salah satu yang paling penting adalah deteksi dini gejala kanker tulang. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan gejala-gejala yang biasanya dialami oleh orang-orang yang terkena kanker tulang.

Meskipun gejala sebenarnya bisa disebabkan oleh penyakit tulang lainnya, jika seseorang mengalami salah satu gejala tersebut maka harus segera mencari bantuan medis untuk diagnosa yang tepat serta mendapatkan pengobatan dengan cepat.