Jenis-Jenis Kanker Tulang dan Gejalanya

Jenis-Jenis Kanker Tulang dan GejalanyaDalam dunia medis, kanker tulang primer biasa juga disebut sarcoma dan terdiri dari beberapa jenis yaitu osteosarcoma, chondrosarcoma, Ewing sarcoma, MFH (Malignant fibrous histiocytoma) yang masing-masing akan dibahas dibawah ini.

Kanker tulang primer paling sering terjadi pada kaki dan tangan meskipun juga dapat mempengaruhi tulang-tulang lainnya.

Perlu diketahui bahwa jenis yang paling umum dari kanker tulang primer seperti chondrosarcoma, ewing sarcoma dan osteosarkoma. Osteosarcoma dan ewing sarcoma sering mempengaruhi anak-anak dan remaja sementara chondrosarcoma umunya terjadi pada orang dewasa.

Dan untuk melihat lebih jelasnya mengenai jenis-jenis kanker tulang tersebut serta apa gejala kanker tulang, berikut pembahasannya.

Jenis Kanker Tulang dan Gejalanya

1. Osteosarcoma

Osteosarcoma adalah jenis yang paling umum dari kanker tulang yang biasanya mempengaruhi tulang paha, tulang kering atau tulang yang membentang dari bahu ke siku. Insiden osteosarcoma lebih tinggi pada anak-anak, remaja atau pada individu dewasa muda.

Osteosarcoma biasanya dimulai pada ujung tulang pada jaringan tulang baru. Risiko meningkat jika seseorang menderita retinoblastoma atau sindrom Li-Fraumeni. Dan jenis kanker ini lebih rentan terjadi pada kaum laki-laki daripada wanita.

Gejala osteosarcoma sendiri meliputi:

• Rasa nyeri yang semakin parah seiring berlalunya waktu
• Terjadi pembengkakan atau munculnya benjolan pada tulang
• Kesulitan bernafas (jika kanker menyerang tulang rusuk)

Pemilihan perawata, biasanya dokter anda akan memutuskan yang mana dari tiga tahap berikut ini yang paling menggambarkan osteosarcoma anda:

– Lokal yaitu jika kanker hanya mempengaruhi tulang di mana kanker tumbuh dan jaringan di samping tulang, seperti otot atau tendon.

– Metastasis yaitu jika kanker telah menyebar (metastasis) ke bagian lain dari tubuh, seperti paru-paru atau tulang lainnya yang tidak terhubung ke tulang di mana tumor pertama kali tumbuh.

– Berulang yaitu pertumbuhan tumor setelah dilakukan perawatan. Tempat yang paling umum untuk osteosarkoma berulang muncul adalah paru-paru dan tulang. Ketika osteosarcoma muncul kembali (berulang) biasanya hanya terjadi setelah 2 atau 3 tahun pada perawatan berakhir.

2. Chondrosarcoma

Chondrosarcoma adalah jenis kanker kedua yang paling terjadi diantara jenis kanker tulang primer. Chondrosarcoma ini umumnya mempengaruhi tulang rawan yang merupakan jaringan ikat fibrosa yang terletak di sekitar sendi sehingga munculnya pertumbuhan abnormal dari tulang dan atau tulang rawan.

Chondrosarcoma sebagian besar mempengaruhi orang dewasa. Tumor jinak dari tulang rawan hialin, penyakit Ollier, sindrom Maffucci, dan osteochondromatosis dapat menempatkan seseorang pada risiko tinggi mengembangkan chondrosarcoma.

Meskipun pertumbuhan tersebut dapat berkembang pada tulang apapun, tulang-tulang di daerah pinggul, tulang rusuk, tulang belikat, lengan, dan kaki lebih mungkin untuk terpengaruh.

Gejala chondrosarcoma meliputi:

– nyeri konstan pada tempat pertumbuhan tumor
– Pembengkakan atau benjolan keras pada tulang yang terkena
– Anggota tubuh yang terkena sangat sulit untuk digerakkan.


3. Ewing sarcoma

Ewing sarcoma merupakan kanker tulang yang paling umum kedua yang mempengaruhi orang-orang dalam kelompok usia 10 sampai 25 tahun utamuanya pada anak-anak.

Jenis kanker yang satu ini biasanya mempengaruhi bagian tengah tulang besar. Biasanya terjadi pada tulang panjang dari lengan atas dan paha serta tulang pinggul. Selain itu kanker ewingsarcoma ini juga dapat mempengaruhi tulang rusuk.

Gejala Ewing sarcoma meliputi:

– Rasa nyeri semakin hari makin parah
– Keterbatasan pada gerak sendi
– Pembengkakan

4. Malignant fibrous histiocytomas (MFH)

Malignant fibrous histiocytomas (MFH) jenis lain dari kanker yang biasanya dimulai dalam jaringan lunak di sekitar tulang. Namun, MFH bisa dimulai dalam tulang yang terletak di lengan atau kaki.

Malignant fibrous histiocytomas (MFH) yang baru-baru ini diklasifikasikan sebagai pleomorphic undifferentied sarcoma (PUS) 6 yang sebelumnya dikenal sebagai fibrosarcoma dianggap jenis yang paling umum dari sarcoma pada jaringan lunak.

5. Chordoma
Chordoma mengacu pada kejadian kanker tulang yang sangat langka dan pertumbuhan sangat lambat yang biasanya mempengaruhi tulang tengkorak dan tulang belakang.

Chordomas adalah tumor ganas biasa yang mencapai 1% dari tumor intrakranial dan 4% dari semua tumor tulang primer.
Mereka berasal dari sisa-sisa embrio dari notochord primitif (kerangka aksial pada awal janin yang membentang dari kantong Rathke hingga tulang ekor).

Gejala yang paling umum dari Chordoma adalah nyeri dan perubahan neurologis serta dapat menyebabkan sakit kepala, sakit leher atau penglihatan ganda.

Chordoma tulang belakang dan sakrum dapat menyebabkan perubahan dalam usus dan atau fungsi kandung kemih, nyeri, sakit, kesemutan, mati rasa atau kelemahan pada lengan dan kaki.

Seringkali chordomas sacral tidak menimbulkan gejala sampai tumor cukup besar dan kadang-kadang benjolan adalah tanda pertama dari Chordoma sakral

Sejak chordomas muncul pada tulang, mereka biasanya ekstradural dan sangat merusak tulang lokal. Untungnya mereka Chordoma ini sifatnya agresif lokal namun jarang bermetastasis.

Nah, demikianlah pembahasan singkat mengenai jenis-jenis kanker tulang diatas semoga menjadi bahan artikel yang bermanfaat.