Gejala Kanker Tulang dan Penyebabnya

Gejala Kanker Tulang dan PenyebabnyaGejala kanker tulang bervariasi dan tergantung pada lokasi dan ukuran pertumbuhan kanker. Gejala cenderung semakin berat seiring dengan perkembangan kanker tersebut.

Namun sebelum kita membahas mengenai gejala kanker tulang dan kemungkinan penyebab kanker tulang tersebut, mungkin ada baiknya jika kita menyinggung sedikit mengenai apa itu kanker tulang.

Pertumbuhan kanker tulang dapat diawali dari dalam jaringan tulang itu sendiri, atau menyebar ke bagian tulang lain dalam tubuh kita. Berikut menulis-up memberikan informasi tentang gejala kanker tulang dan jenis kanker tulang.

Kanker mengacu pada massa jaringan yang tidak normal atau pertumbuhan ganas yang disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak terkendali. Perkembangan sel-sel abnormal terjadi karena mutasi pada gen yang mempengaruhi proses pembelahan sel.

Sel-sel kanker tidak menanggapi proses alami yang mengontrol pertumbuhan sel dan membunuh sel itu sendiri. Sebagai sel-sel ini tumbuh dan membelah lalu menyerang dan mengganti jaringan normal. Bahkan terkadang sel-sel kanker ini bermetastasis atau menyebar ke bagian lain dari tubuh kita.

Dalam dunia medis dikenal istilah kanker tulang primer yaitu kanker yang dimulai pada tulang itu sendiri sedangkan kanker metastatik mengacu pada kanker yang menyebar ke tulang bagian lain dari tubuh.

Perlu dipahami pula bahwa kanker tulang primer menyumbang kurang dari 0,2% dari semua jenis kanker. Jenis yang paling umum dari kanker tulang primer meliputi osteosarcoma, chondrosarcoma, dan sarkoma Ewing. Dan untungnya kanker tulang primer jarang terjadi.

Sekitar 80% dari kanker metastasis yang mempengaruhi tulang adalah karena karsinoma primer yang mempengaruhi prostat, payudara, paru-paru, ginjal ataupun tiroid.

Nah sekarang tiba saatnya kita membahas mengenai penyebab dan gejala kanker tulang sebagai tujuan dari penulisan artikel ini.

Penyebab Kanker Tulang

Meskipun penyebab pasti kanker tulang belum sepenuhnya dipahami, diyakini bahwa paparan radiasi selama radioterapi atau kecenderungan genetik merupakan faktor pencetusnya.

Menurut statistik, beberapa jenis kanker tulang dapat mempengaruhi kaum remaja terutama selama pertumbuhan tahun mereka, sementara kelompok umur yang paling umum menyerang orang dewasa.

Hasil diagnosis tumor tulang jinak di masa lalu mungkin dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengembangkan chondrosarcoma. Penyakit Paget (kondisi medis yang ditandai oleh kelainan pada kerusakan tulang) juga diyakini menjadi faktor risiko untuk kanker tulang.

Gejala Kanker Tulang

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa gejala kanker tulang bervariasi dan tergantung pada lokasi dan ukuran pertumbuhan kanker. Dan berikut adalah beberapa tanda dan gejala yang sering dialami oleh orang yang terkena kanker tulang.

• Nyeri

Nyeri di dalam dan disekitar tulang yang terkena adalah salah satu gejala yang paling umum. Pasien mungkin mengalami nyeri intermiten pada malam hari pada awalnya, tapi intensitas nyeri mungkin memburuk seiring berjalannya waktu. Jika pertumbuhan kanker di kaki, individu yang terkena mungkin lemas, dan mengalami sakit ketika berjalan.

• Pembengkakan

Selain nyeri pada tulang yang terkena, pembengkakan dan nyeri juga dapat diamati di sekitar lokasi pertumbuhan kanker. Umumnya, ada peningkatan bertahap dalam keparahan gejala seiring dengan pertambahan waktu.

• Benjolan

Kadang-kadang benjolan atau massa dapat berkembang dalam jaringan yang mengelilingi tulang atau pada tulang itu sendiri. Hal ini biasanya terjadi dengan fibrosarcoma atau histiocytoma ganas berserat, namun dapat pula terjadi dengan jenis tumor-tumor tulang lainnya.

• Tulang keropos

Pertumbuhan kanker tulang dapat melemahkan tulang sehingga tulang rentan patah tulang dan keropos tulang.

Beberapa gejala yang kurang umum dari kanker tulang meliputi:

• Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
• Berkeringat malam
• Sering menggigil atau merasa kedinginan
• Demam

Gejala tersebut i biasanya terjadi ketika pertumbuhan ganas menyebar ke bagian lain dari tubuh. Komplikasi tertentu dapat timbul karena tingginya kadar kalsium tinggi dalam darah (hypercalcemia) yang mungkin disebabkan oleh kerusakan tulang.
Hiperkalsemia dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, sembelit, kehilangan nafsu makan dan nyeri tulang.

Mengenali gejala kanker tulang dimaksudkan untuk dapat mencegah secara dini penyakit kanker tulang ini sebelum kondisinya telah parah mengingat pengobatan kanker yang masih dalam tahap gejala jauh lebih mudah disembuhkan ketimbang kondisi kanker tulang yang telah parah.