Cara Alami Meningkatkan Kadar Testosteron

Cara Alami Meningkatkan Kadar TestosteronRendahnya kadar testosteron sangat berpengaruh pada kesehatan kita dan merupakan salah satu pemicu dari hadirnya beberapa gangguan medis seperti obesitas, tulang rapuh, kehilangan otot, dan bahkan impotensi.

Nah, bagi anda yang didiagnosis menderita kadar testosteron yang rendah, maka mungkin tak ada salahnya untuk melihat pembahasan mengenai cara alami untuk meningkatkan kadar hormon testosteron yang rendah ini.

Seperti kita ketahui pula bahwa testosteron merupakan hormon penting yang disekresikan oleh testis pada laki-laki dan ovarium pada wanita (meskipun juga diproduksi oleh kelenjar adrenal dalam level kecil).

Peran penting hormon testosteron ini untuk meningkatkan stamina dan membangun massa otot. Sebaliknya ketika seseorang defisiensi akan hormon ini akan menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti obesitas, tulang rapuh, kehilangan otot, dan bahkan impotensi.
Dalam aliran darah manusia tingkat normal testosteron adalah antara 350 sampai 1.000 nanogram per desiliter (ng / dl). Namun dengan usia, tingkat hormon mulai menipis dan hanya sekitar 1% dari kadar hormon ketika usia di atas 40 tahun.

Bahkan laki-laki berusia 30an seringkali mengalami masalah akan rendahnya tingkat hormon ini. Bahkan seringkali juga dapat menyebabkan serangan jantung.

Dan cara alami untuk meningkatkan produksi testosteron ini berikut ini adalah pembasannya.

Cara Alami Meningkatkan Kadar Testosteron

1. Menurunkan Berat Badan

Jika anda memiliki berat badan yang berlebihan maka dengan mengurangi berat berlebih dapat meningkatkan kadar testosteron anda.

Dan menurut penelitian mengungkapkan bahwa, pria yang kelebihan berat badan lebih mungkin untuk memiliki kadar testosteron rendah.

Nah untuk itu, kurangi berat anda dengan membatasi komsumsi gula olahan khususnya fruktosa dalam diet anda. Karena idealnya, total konsumsi fruktosa harus dibawah 25 gram per hari.

Hal ini juga berlaku jika anda memiliki resistensi insulin dan kelebihan berat badan, memiliki tekanan darah tinggi, diabetes atau kolesterol tinggi.

Hindari konsumsi karbohidrat olahan karena dapat meningkatkan kadar insulin dan menyebabkan resistensi insulin yang pada akhirnya bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan serius dan juga termasuk meningkatnya berat badan secara berlebihan.

2. Mengkonsumsi Banyak Zinc

Mineral seng sangat penting artinya dalam produksi testosteron. Dengan melengkapi diet anda dengan meningkatkan komsumsi makanan ataupun minuman yang diperkaya dengan mineral seng ini maka dalam waktu kurang dari enam minggu, anda akan mengalami peningkatan level testosteron anda.

Sebagai informasi tambahan bahwa diperkirakan sekitar 45 persen orang dewasa di atas usia 60 tahun mengalami defisiensi asupan seng yang direkomendasikan.

Dan untuk memenuhi kebutuhan mineralseng ini, anda bisa dapatkan dalam ddiet anda seperti memperbanyak konsumsi makanan seperti daging dan ikan, susu mentah, keju mentah, kacang-kacangan, dan yoghurt.

Anda bisa juga dapatkan melalui diet vegetarian dan mengkonsumsi suplemen seng. Namun hal yang palin penting yang harus anda ingat saat mengambil suplemen seng dalam usaha meningkatkan kadar testosteron anda, tidak melebihi dari 39 mg per hari, karena hal ini adalah batas yang direkomendasikan untuk usia dewasa.

Mengkonsumsi terlalu banyak zinc dapat mengganggu kemampuan tubuh anda untuk menyerap mineral lain, terutama mineral tembaga dan dapat menyebabkan mual sebagai efek sampingnya.

3. Latihan kekuatan dan kebugaran

Latihan kekuatan juga dikenal mampu meningkatkan kadar testosteron, asalkan anda melakukannya secara intens. Mengenai bentuk latihan ini, anda bisa konsultasikan pada ahli pusat kebugaran dimana tempat anda akan latihan.

4. Vitamin D

Vitamin D dan hormon steroid merupakan sangat penting untuk perkembangan yang sehat dari inti sel sperma dan membantu menjaga kualitas air mani dan jumlah sperma.

Vitamin D juga dapat meningkatkan kadar testosteron yang dapat meningkatkan libido. Dan dalam sebuah penelitian, pria yang kelebihan berat badan setelah diberi suplemen vitamin D memiliki peningkatan yang signifikan dalam kadar testosteron mereka setelah setahun berikutnya.

Untuk mendapatkan tingkat Anda ke kisaran yang sehat, paparan sinar matahari adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan tingkat vitamin D anda.

Dan sebagai usaha terakhir, suplemen vitamin D3 dapat diambil secara lisan, tetapi penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa rata-rata membutuhkan vitamin D ini hanya sekitar 8.000 IU per hari untuk meningkatkan kadar testosteron mereka di atas 40 ng / ml.

5. Mengurangi Stres

Ketika anda sedang stres, tubuh anda akan melepaskan tingkat tinggi hormon stres kortisol. Hormon ini benar-benar menghambat efekdari testosteron.

Dan untuk mengatasi stres yang kronis anda bisa menempuh cara mengelola stres akupunktur tanpa jarum. Cara untuk mengurangi stres lainnya mencakup doa, meditasi, sering tertawa dan yoga.

6. Lemak sehat

Mengkonsumsi makanan yang terbuat dari lemak sehat seperti makanan yang mengandung minyak canola, minyak zaitun, dan selai kacang merupakan cara lain dari usaha meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh anda.