Cara Memeriksa Kondisi Payudara

Cara Memeriksa Kondisi PayudaraMemeriksa kondisi payudara sendiri mengenai perkembangan payudara mereka saat memasuki pubertas. Payudara seorang gadis akan lebih menonjol sebelum periode pertama mereka. Pemeriksaan payudara ini sangat penting artinya terutama bagi para gadis.

Tujuan lain dari memeriksa kondisi payudara tersebut adalah untuk mengamati apakah perubahan pada payudara mereka tumbuh sesuatu yang abnormal atau tidak. Jika mereka melihat perubahan yang tidak lazim maka lakukan pemeriksaanlebih rutin lagi pada payudara mereka.

Melakukan pemeriksaan payudara secara berkala setiap tahunnya pada klinik untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan payudara mereka sekaligus untuk mengetahui aktivitas ada tidaknya aktifitas abnormal pada payudara mereka.

Dan waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan diri dari payudara adalah satu minggu setelah haid.
Jenis pemeriksaan payudara sendiri termasuk secara visual dan sentuhan yang masing-masing dapat kita lihat seperti dibawah ini.

Pemeriksaan Payudara Secara Visual

Duduk atau berdiri di depan cermin sebelum menempatkan bra dan menjaga lengan tetap rileks. Amatilah payudara secara seksama.

Jika melihat adanya perubahan dalam warna kulit atau perubahan puting maka hubungi dokter. Tempatkan lengan di kepala dan amati payudara dari sudut yang berbeda.

Pemeriksaan Payudara dengan Sentuhan

Dengan memberikan tekanan yang lembut pada payudara anda denganmeggunakan jari tengah. Berikan tekanan secara melingkar dan melihat apakah ada yang terasa sakit ketika ditekan atau tidak.

Jika ada yang terasa sakit, ingatlah pada bagian mana saja yang terasa sakit ketika ditekan.Pemeriksaan dengan cara tekan ini dimulai dari areal terluar dan bergerak secara bertahap kedekat puting.

Pemeriksaan selanjutnya adalah dengan menggunakan ibu jari dan jari tengah dengan lembut meremas puting untuk mengetahui caitran apaun yang keluar.

Lakukan tes ini pada kedua payudara dan jika melihat da sesuatu yang aneh, konsultasikan dengan dokter anda.