Faktor Penyebab Wanita Menjadi Mandul

Faktor Penyebab Wanita Menjadi MandulSeorang wanita dikategorikan mandul jika mereka berada pada usia reproduksi dan tidak bisa hamil setelah 1 tahun selalu berhubungan seksual tanpa kondom dengan pasangan mereka.

Hal ini perlu diteliti lebih lanjut pada spesialis kesuburan. Jika ahli spesialis menyatakan bahwa kondisi anda suami subur atau tidak mandul, maka anda ketidak hamilan anda mungkin disebabkan karena adanya gangguan pada sistem reproduksi anda.

Perlu diketahui pula bahwa anda sebaiknya memeriksakan tingkat kesuburan anda sebelum anda memasuki usia 36 keatas untuk memudahkan mencari penyebab klinis kemandulan anda.

Gangguan ovulasi adalah salah satu alasan paling umum mengapa wanita tidak dapat hamil. Dan masalah ovulasi ini menyumbang sekitar 30% dari ketidak suburan para wanita.

Untungnya kondisi ini sekitar 70% dapat berhasil diobati dengan menggunakan obat-obatan seperti Clomiphene dan Menogan / Repronex.

Penyebab kegagalan ovulasi ini dapat dikategorikan sebagai berikut:

Masalah hormonal

Masalah hormonal ini adalah penyebab paling umum dari anovulasi. Proses ovulasi ini tergantung pada keseimbangan kompleks dari hormon dan gangguan dalam proses ini dapat menghambat ovulasi.

Sementara penyebab utama yang menyebabkan masalah hormonal ini termasuk:

– Kegagalan dalam menghasilkan telur matang

Sekitar 50% dari kasus an ovulasi, ovarium tidak bisa menghasilkan folikel yang normal dimana telur bisa matang. Dan hal ini sangat besar kemungkinannya pembuahan tidak bisa terjadi.

– Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik merupakan gangguan yang paling umum untuk masalah ini, termasuk gejala seperti amenorea, hirsutisme, anovulasi dan infertilitas.

Sindrom ini ditandai dengan berkurangnya atau tidak normalnya jumlah produksi FSH atau meningkat dari LH, estrogen dan testosteron.

Kerusakan hipotalamus

Hipotalamus adalah bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal ke kelenjar pituitari, yang pada gilirannya mengirimkan rangsangan hormonal pada ovarium dalam bentuk FSH dan LH untuk memulai pematangan sel telur.

Sebaliknya, jika hipotalamus gagal untuk memicu dan mengontrol proses ini maka akan menghasilkan telur yang belum matang.

Kerusakan pada kelenjar hipofisis

Fungsi hipofisis yaitu memproduksi dan mensekresi FSH dan LH. Sementara ovarium tidak akan mampu berovulasi dengan benar jika terlalu banyak atau terlalu sedikit zat ini diproduksi.

Kerusakan pada kelenjar hipofisis ini dapat terjadi karena cedera fisik, tumor atau jika ada ketidakseimbangan kimia di hipofisis.

Kerusakan fisik pada ovarium

Kerusakan fisik pada ovarium dapat menyebabkan gagal ovulasi. Dan kerusakan ini dapat disebabkan karena pengaruh bekas operasi berulang untuk kista ovarium.

Operasi berulang ini dapat menyebabkan kapsul ovarium menjadi rusak atau terluka, sehingga folikel tidak bisa matang dengan baik dan ovulasi tidak bisa terjadi.

Menopause prematur

Menopause prematur memang sangat jarang terjadi namun beberapa wanita berhenti menstruasi dan mulai menopause sebelum usia normal. Hipotesis ini menunjukkan bahwa pasokan alami telur telah habis.

Kasus menopause prematur ini juga biasa terjadi pada atlet wanita dan atau pada wanita yang memiliki berat badan yang sangat rendah dalam jangka waktu lama. Kondisi ini juga bisa terjadi karena pengaruh genetika.

Nah, ketidak mampuan wanita bisa hamil meskipun telah melakukan hubungan badan dengan suami mereka selama setahun tanpa menggunakan alat kontrasepsi maka salah satu diantara pasangan tersebut dikategorikan mandul.

Memeriksakan diri pada ahli kesuburan merupakan cara tepat yang harus dilakukan untuk mengetahui siapa penyebab kemandulan tersebut (pihak suami ataukah sang isteri) serta bertujuan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dari masalah kemandulan ini.