Mengatasi Rambut Rontok Karena Kekurangan Zat Besi

Mengatasi Rambut Rontok Karena Kekurangan Zat BesiKekuragan zat besi dapat menyebabkan rambut rontok dan sejumlah masalah kesehatan lainnya.

Studi penelitian menunjukkan bahwa salah satu penyebab umum dari kerontokan rambut pada pria dan wanita adalah kekurangan zat besi.

Dan untuk melihat bagaimana keterkaitan antara defisiensi zat besi dengan rambut rontok serta bagaimana mencegah kondisi tersebut, mari kita lihat pembahasan dibawah ini.

Rambut rontok atau kebotakan adalah masalah rambut yang lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Dan dalam dunia medis kebotakan rambut kepala biasa disebut dengan alopecia.

Rambut rontok dapat terjadi pada kulit kepala atau bagian lain dari tubuh seperti alis, bulu mata, dll Namun, sebagian kasus rambut rontok bukanlah masalah yang mengkhawatir dan sesuatu hal yang normal.

Selain itu, studi penelitian menunjukkan bahwa orang yang dalam kondisi kesehatan rambut yang normal dapat mengalami gugurnya rambut mereka hanya sekitar 50 sampai 100 helai rambut per hari dan tidak menimbulkan kebotakan secara permanent.

Pil kontrasepsi, ketombe, faktor melahirkan, gangguan emosional, menopause, diet ketat, dll, adalah beberapa alasan umum rambut rontok pada wanita.

Selain ini, salah satu penyebab paling umum dari kerontokan rambut pada wanita premenopause adalah karena kekurangan zat besi. Rambut rontok pada wanita juga bisa menjadi hasil dari penyakit tertentu seperti anemia, kadar hormon tiroid yang rendah, lupus dan kadang-kadang kanker.

Sementara itu, feritin (protein yang ditemukan dalam usus, hati, dan limpa yang menyimpan zat besi dalam tubuh) juga memberikan pengaruh pada kekuatan akar rambut. Konsentrasi feritin dalam darah berbanding lurus dengan jumlah besi yang terdapat dalam darah.

Selain itu, dibandingkan dengan tingkat besi darah yang dapat berluktuasi dengan diet, feritin juga berfungsi untuk memonitor ketersediaanzat besi jangka panjang pada tubuh. Oleh karena itu, kekurangan zat besi pada dasarnya didefinisikan sebagai krangnya tingkat feritin (kurang dari 40 ng / ml).

Dalam tubuh manusia, zat besi membantu dalam produksi hemoglobin serta berperan penting dalam oksigenasi sel darah merah dalam tubuh.

Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa tingkat zat besi memainkan peran penting dalam banyak fungsi tubuh dan sebagainya sangat penting untuk pertumbuhan normal dan pemeliharaan rambut.

Pencegahan Rambut Rontok Karena Defisiensi Zat Besi

Cara yang paling sederhana untuk mencegah rambut rontok pada lkaum perempuan karena kekurangan zat besi adalah untuk menjaga keseimbangan zat besi dalam tubuh.

Pada dasarnya ketika konsentrasi zat besi yang diserap oleh tubuh tidak memadai akan menghasilkan ketidakseimbangan zat besi yang negatif.

Dan sebagai akibatnya simpanan zat besi pada beberapa organ yang telah disebutkan diatas digunakan untuk mencukupi kebutuhan harian zat besi tubuh yang pada akhirnya menyebabkan gangguan pada kesehatan rambut dan sejumlah organ tubuh lainnya.

Untungnya defisiensi zat besi dapat diatasi dengan membuat beberapa perubahan diet sehat kita yaitu termasuk brokoli, kismis, kerang, kuning telur, kerang, tiram dan bayam yang tidak hanya kaya besi.

Selain ini, orang harus menghindari minum teh setidaknya selama satu jam setelah mengkonsumsi makan mereka karena teh mengandung tannin yang dapat mempengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh.

Suplemen zat besi dan asam amino L-lisin (15 mg untuk wanita dan 18 mg untuk pria) juga dapat membantu mengatasi kekurangan zat besi.

Namun sebelum memilih suplement apapun harus berkonsultasi dulu dengan dokter anda untuk menghindari kemungkinan kelebihan zat besi.