Obat Alami untuk Penyakit Gondok

Obat Alami untuk Penyakit GondokMengobati gondok secara alami tidak lepas dari diet tepat, minum jamu dan suplemen khusus gondok. Tapi sebelum lebih jauh membahas mengenai cara mengobati gondok, mungkin ada baiknya jika kita menyinggung sedikit mengenai apa itu gondok dan apa penyebabnya.

Dalam istilah sederhana, gondok benjolan leher yang yang umumnya disebabkan karena disfungsi tiroid. Kelenjar tiroid yang letaknya di bagian depan leher menghasilkan dua hormon, triiodothyronine (T3) dan thyroxine (T4).

Orang-orang yang terkena gondok kelenjar tiroid mereka membesar dalam ukuran nomal. Dengan kata lain bahwa orang yang menderita gondok kelenjar tiroid mereka membengkak.

Orang yang gondok sangat leher mereka terlihat bengkak disertai denganbatuk, suara serak dan dan kesulitan untuk menelan makanan, pernapasan terganggu dan menelan merupakan beberapa gejala gondok.

Penyebab utama penyekit gondok karena kekurangan yodium serta beberapa faktor lainnya seperti penyakit Hashimoto (produksi hormon tiroid kurang memadai) dan penyakit Graves (hormon tiroid diproduksi secara berlebihan).

Sementara itu, obat alami gondok sendiri tergantung dari faktor yang mendasarinya. Dan berikut adalah cara alami atasi gondok.

Bawang putih

Bawang putih dikenal sangat baik dalam mengatasi masalah tiroid seperti gondok. Dan seperti yang disinggung diatas bahwa salah satu penyebab gondok adalah karena kekurangan yodium. Sementara bawang putih sangat kaya akan kandungan yodiumnya.

Diet rumput laut

Rumput laut juga dapat membantu dalam mengobati gondok secara efektif karena rumput laut juga dikenal sangat kaya akan yodium.

Kurangi konsumsi teh hijau

Meskipun teh hijau sumber antioksidan yang baik namun teh hijau ini mengandung terlalu banyak fluoride yang dapat menghambat penyerapan yodium dari makanan yang kita konsumsi. Kelebihan Fluoride di dalam tubuh juga dapat memperburuk gejala defisiensi yodium.

Mengurangi asupan garam

Mengurangi asupan garam juga penting bagi orang-orang terpengaruh dengan Hashimoto atau penyakit Graves.

Asupan garam terlalu banyak dapat menyebabkan dan memperburuk kondisi tiroid ini. Jadi, membatasi konsumsi garam beryodium tidak lebih dari 150 mcg setiap hari, dianjurkan untuk orang yang sedang ber masalah dengan tiroid.

Jadi bagi mereka yang sedang menderita gondok maka sebaiknya mengikuti saran diatas atau segera meminta perawatan dari medis demi kenyamanan mereka.