Cara Alami untuk Turunkan Gula Darah

Cara Alami untuk Turunkan Gula DarahBagi individu yang menderita pra-diabetes, resistensi insulin, menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal merupakan hal yang harus dilakukan.

Mengurangi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi. Selain itu mereka juga harus mengelola diri dari depresi serta menjaga kenaikan berat badan. Selain itu, mungkin mereka juga sebaiknya mengkonsumsi obat medis secara teratur untuk menurunkan kadar gula darah mereka.

Cara lain untuk menurunkan kadar gula darah yaitu dengan mencoba beberapa cara alami yang pada kesempatan ini kita bisa lihat seperti dibawah ini:

Berolahraga

Berolahraga secara teratur dapat sangat membantu tubuh tetap bugar dan sangat baik dalam mengelola kadar gula darah agar kembali normal. Namun, sebelum memulai latihan apapun sebaiknya dikonsultasikan dulu pada dokter anda dan jangan lupa untuk memeriksa kadar gula darah sebelum dan setelah berolahraga.

Berolahraga sekitar 20 menit selama empat kali dalam seminggu akan berdampak positif dalam menormalkan kadar gula darah.

Jika tingkat gula darah di bawah 100 mg / dL adalah penting untuk mencoba camilan dari beberapa makanan ringan untuk menghindari hipoglikemia.

Diet Diabetes

Bagi yang dalam kondisi diabetes, ada beberapa pertimbangan diet yang perlu diingat ketika memilih jenis makanan untuk mereka konsumsi dalam setiap harinya.

Mencegah resistensi insulin dan menstabilkan kadar gula darah akan memerlukan banyak perawatan dan juga memerlukan kehati-hatian dalam memilih makan yang akan mereka konsumsi.

Namun, penelitian terbaru menyimpulkan bahwa ada hubungan dalam efek jangka panjang mengenai diet dengan kehadiran diabetes.

Dan hal inilah menjadi alasan alasan mengapa penderita perlu berkonsultasi dengan ahli gizi dan dokter terlebih dahulu sebelum membuat perubahan drastis untuk diet harian mereka.

Beberapa nutrisi yang paling penting yang harus ada dalam diet meliputi:

• ALA-Alpha Lipoic Acid

Alpha Lipoic Acid adalah bentuk antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Beberapa makanan yang mengandung ALA mungkin termasuk brokoli, hati, kentang dan bayam. Beberapa penderita diabetes bahkan didorong untuk mengambil suplemen Alpha Lipoic Acid sebagai perlindungan mereka dari neuropati diabetes tetapi ini harus didiskusikan dengan dokter terlebih dahulu.

• Polifenol

Polifenol dikenal untuk membantu dalam mengontrol glukosa yang lebih baik, tingkat lipid normal dan kesehatan pembuluh darah yang lebih baik. Polifenol dapat diperoleh dari blueberry, aprikot, lemon, kiwi, mangga dan beberapa jenisbuah lainnya.

• Asam lemak Omega 3

salmon dan sarden adalah salah satu contoh makanan yang mengandung lemak omega 3 yang tiinggi. Lemak sehat ini bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan menurunkan kadar trigliserida. Hal ini juga sangat baik untuk menurunkan risiko terserang penyakit jantung yang merupakan salah satu komplikasi dari diabetes.

• Serat

Meskipun serat tidak mengandung nutrisi untuk tubuh namun hal ini dapat mempengaruhi secara signifikan tingkat gula darah. Dalam dunia medis sendiri, serat ini dibagi menjadi serat larut dan tidak larut.

Serat larut membantu menunda pengosongan lambung yang pada gilirannya akan memperlambat penyerapan karbohidrat.
Serat larut adalah jenis serat yang tidak dapat larut dalam air sehingga meningkatkan eliminasi limbah yang secara signifikan mencegah terjadinya sembelit. Makanan kaya serat akan mencakup kubis, buah, sayuran hijau, labu, jamur dan beberapa jenis dari keluarga kacang-kacangan.

Mengelola Stres

Stres kronis dapat menyulitkan tubuh untuk menjaga kadar gula darah. Perasaan stres membuat jantung anda berdetak lebih cepat, mempercepat napas dan meningkatkan kadar gula darah. Itulah sebabnya mengapa perlunya mengelola stres untuk menjaga gula darah tetap normal.