Makanan Tepat Bagi Penderita Diabetes

Makanan Tepat Bagi Penderita DiabetesSiapapun yang menderita diabetes harus makan makanan yang memiliki kadar gula yang rendah, rendah lemak dan mengontrol konsumsi garam agar tidak berlebihan.

Seperti kita ketaui bahwa penyakit diabetes pada umumnya karena pengaruh faktor makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Oleh karena itu sebelum kita menderita diabetes maka mulai saat ini harus berhati-hati dalam memilih menu makanan harian kita.

Namun bagi mereka yang telah terlanjur menderita diabetes, berikut ini adalah daftar makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk mencegah lajunya peningkatan kadar gula darah sekaligus dapat membantu dalam upaya menormalkan kembali kadar glukosa mereka.

Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang tepat bagi penderita diabetes seperti:

• Kacang-kacangan seperti kacang tanah
• Sayuran segar seperti, brokoli, kembang kol, selada, bawang, jamur, seledri serta bayam.
• Sea food yang meliputi, ikan seperti, salmon, udang dan makarel, dll
• Produk unggas yang tinggi lemak dan protein yang sehat namun perlu diingat untuk makan ini sebaiknya dalam bentuk panggang untuk mencegah asupan kalori yang berlebihan.

• Produk susu, seperti susu rendah lemak, yogurt bebas lemak namun dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.
Selain beberapa makanan diatas, makanan yang kaya serat juga harus dimasukkan khususnya dalam rencana diet diabetes gestational karena hal ini dapat membantu dengan pencernaan makanan yang tepat dan memastikan gerakan usus yang tetap sehat.

Makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes

Makanan yang harus dihindari yaitu makanan yang mengandung gula serta makanan yang mengandung glukosa karena dapat memperburuk diabetes dan oleh karena itu makanan atau minuman yang mengandung glukosa tersebut harus dihindari untuk dikonsumsi.

Selain makanan yang mengandung gula, makanan yang kaya lemak atau makanan yang berlemak juga harus dihindari, utamanya makanan yang mengandung kolesterol jahat seperti daging, daging goreng, mentega, keju, margarin, minyak, kuning telur bersama dengan produk susu yang mengandung lemak tinggi lainnya.

Karbohidrat yang harus dihindari

Karbohidrat yang ditemukan dalam roti serta permen dapat meningkatkan kadar gula darah dan oleh karena itu penderita diabetes harus menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung kelebihan pati seperti roti putih, nasi, pizza, dan sebagainya.

Sayuran tepung dan buah yang perlu dihindari

Beberapa sayuran, seperti kentang, ubi jalar, jagung dan sebagainya tidak boleh dimakan. Di sisi lain, berbagai sayuran lainnya yang dapat dikonsumsi termasuk wortel, bit, kacang dll dapat dikonsumsi meski dalam jumlah yang sedikit.

Buah-buahan segar yang mesti dihindari untuk sementara pada penderita diabetes, termasuk pisang, plum, jeruk, jeruk, stroberi, mangga, dan sebagainya.

Nah, demikianlah jenis makanan yang tepat bagi penderita diabetes diatas semoga dapat menjadi masukan bagi mereka (penderita diabetes) yang masih bingung dalam memilih makanan yang tepat dengan kondisi diabetes mereka.