Cara Merawat Kulit Bayi yang Baik dan Benar

Cara Merawat KulitMerawat kulit tidak harus dimulai sejak usia remaja. Kulit bayipun sangat membutuhkan perawatan yang benar. Namun dalam melakukan perawatan, anda perlu berhati-hati karena kulit bayi kita masih sangat sensitif.

Berukut ini adalah bagaimana cara merawat kulit bayi yang benar agar tidak menyebabkan iritasi dan ruam pada kulit Simungil kita.

Cara Merawat Kulit Bayi yang Baik dan Benar
Pemilihan produk khusus untuk bayi, memilih produk yang cocok untuk kulit yang sangat sensitif dan dapat melembutkan kulit bayi.

Gunakan sabun dan sampo yang lembut dan tidak memiliki kadar kimia yang keras. Perlu diingat bahwa kulit Seorang bayi sangat mudah menyerap setiap lotion yang anda gunakan. Oleh karena itu, hindari pelembab yang kuat pada kulit bayi anda.

Bayi yang baru lahir tidak perlu selalu dimandikan setiap hari karena kulit mereka masih sangat tipis dan halus.

Gunakan spons khusus untuk bayi anda, gunakan kain lembut untuk menyeka tubuh mereka. Jangan terlalu banyak menggunakan sabun bayi karena hal ini dapat mengeringkan kulit bayi.

Setelah anda selesai memandikan bayi anda, gunakan kain lembut dan membersihkan daerah lipatan kulit dengan hati-hati.

Selalu memperhatikan lipatan daerah leher, daerah belakang telinga, daerah popok, dll. Anda bisa gunakan pelembab kecil didaerah ini. Hindari memandikan bayi terlalu sering pada musim dingin karena dapat menyebabkan bayi terserang flu.

Memilih popok yang berkualitas tinggi untuk menghindari ruam popok yang bisa ditimbulkan karena penggunaan popok bayi yang berkualitas rendah.

Ketika anda ingin menghilangan dan membersihkan bagian bawah bayi Anda, jangan menggosok kulit bayi anda untuk menghindari ruam yang dapat mengarah pada infeksi kulit.

Gunakan air hangat bersama dengan produk pembersih yang baik untuk membersihkan pantat bayi. Hindari penggunaan tisu berbasis alkohol yang juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Anda harus menyadari bahwa perubahan drastis pada lingkungan sekitar dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Oleh karena itu, selalu lindungi kulit bayi anda dari sinar matahari (kecuali matahari pagi) dan angin kencang.

Gunakan penutup untuk melindungi bayi saat anda sedang bepergian utamanya pada ubun-ubun dan telapak kaki dan tangan bayi.

Jika bayi anda mengalami kulit gatal pada malam hari, hal yang anda lakukan adalah dengan membasahi kain dalam air biasa kemudian menepukkannya didaerah kulit yang gatal.

Menggunakan beberapa pelembab yang baik diduga dapat menenangkan dalam beberapa saat.
Selalu gunakan pakaian longgar saat mendandani bayi anda untuk membuat sirkulasi udara yang baik. Selain itu, pakaian longgar juga dapat mencegah bayi anda dari biang keringat.

Jika cuaca dimalam hari terasa hangat, gunakan lembaran kain yang tipis dan lembut untuk bayi anda.

Selalu menjaga kebersihan tempat tidur bayi untuk menghindari alergi yang disebabkan oleh tungau debu. Tungau debu juga dapat memicu ruam. Oleh sebab itu, gunakan selimut bantal dan seprei yang bersih untuk menghindari dan iritasi kulit.

Kulit bayi sangat lembut dan halus karena produksi melanin masih dalam proporsi rendah. Oleh karena itu, anda harus berhati-hati bila menggunakan lotion atau krim untuk bayi.

Cara Merawat Kulit Bayi yang Baik dan Benar harus dimulai dari memandikan bayi hingga tempat tidur karena kulit mereka masih sangat sensitif terhadap lingkungan sekitar kita.