Kadar Glukosa Normal Pada Anak-Anak

Kadar Glukosa Normal Pada Anak-AnakSemua orang tahu bahwa diebetes terjadi ketika kadar glukosa sangat berlebihan, tapi tahukah kita berapa kadar glukosa yang normal pada anak-anak kita?

Glukosa atau gula darah adalah gula sederhana (monosakarida) yang hadir dalam darah. Namun dengan adanya organ pankreas dalam sistem organ pencernaan manusia, pangkreas ini menghasilkan dua hormon yaitu insulin dan glukagon dimana kedua hormon ini berperan dalam mengatur tingkat gula dalam tubuh.

Dan ketika setiapkali tubuh membutuhkan insulin maka pankreas ini akan melepaskan insulin tersebut. Jadi, peran insulin disini adalah untuk mengatur penyerapan gula dari dalam darah pada setiap sel-sel tubuh.

Kadang-kadang glukosa ini juga disimpan dalam sel-sel otot dan sel-sel hati dalam bentuk glikogen. Di sisi lain, glukagon bekerja antagonis terhadap insulin. Sekresi glukagon diperlukan setiap kali ada penurunan tingkat gula ini dalam tubuh. Hal ini biasanya terjadi selama berolahraga, ketika sel-sel otot menggunakannya sebagai sumber energi.

Oleh karena itu, pankreas mengurangi sekresi insulin dan meningkatkan produksi glukagon untuk memecah glikogen yang disimpan dalam bentuk glukosa pada hati sehingga kadar glukosa kembali normal lalu pankreas menurunkan kembali produksi glukagon.

Nah, mengenai kadar glukosa pada anak-anak tergantung pada jumlah makanan yang dikonsumsi, olahraga teratur. Dan cara terbaik untuk menjaga kadar glukosa pada anak-anak agar tetap dalam kontrol yaitu dengan selalu memantau kadar glukosa anak secara berkala.

Adapun kadar glukosa anak yang normal dapat anda lihat pada pembahasan dibawah ini, seperti:

Anak-anak di bawah lima tahun

Angka normal berkisar 100-200mg / dL yang harus dipertahankan selama dua jam sebelum dan sesudah makan. Sebelum tidur, gula darah harus di atas 150mg / dL.

Anak-anak antara 5-11 tahun

Angka normal berkisar 70-180mg / dL, yang akan dipertahankan dua jam sebelum dan sesudah makan. Sebelum tidur, seharusnya sekitar 120 mg / dL.

Anak-anak berusia dua belas tahun dan lebih

Angka normal berkisar 70-150mg / dL dan itu adalah untuk dipertahankan dua jam sebelum dan sesudah makan. Sebelum tidur, itu akan menjadi dekat dengan 100mg / dL.

Nah, demikianlah kisaran normal kadar glukosa dalam darah anak yang harus dipertahankan jika anak anda ingin terbebas dari penyakit diabetes.