6 Cara Alami Menghaluskan Kulit

6 Cara Alami Menghaluskan KulitCara menghaluskan kulit selain dengan mengandalkan produk kosmetik, kita juga bisa mendapatkannya dengan membuat ramuan alami sendiri di rumah.

Beberapa bahan alami yang biasa digunakan untuk menghaluskan kulit seperti madu, pasta pisang, pasta pisang, yogurt, susu dan lain sebagainya.

Nah untuk mengetahui lebih jauh mengenai beberapa bahan diatas, berikut adalah penjelasannya.

6 Cara Menghaluskan Kulit
1. Madu

Madu adalah salah satu produk perawatan kulit alami untuk menghaluskan dan meningkatkan kelenturan kulit.
Kemampuan madu dalam menghaluskan kulit tidak lain karena madu mengandung sejumlah nutrisi penting untuk kulit, seperti vitamin A, Vitamin E, Vitamin C dan sejumlah vitamin dan mineral penting untuk kulit.

Kita bisa mengoleskan madu ini pada bagian kulit yang masih dianggap kasaringin dihaluskan. Jika kulit kita terlihat kusam dan sedikit gelap karena paparan sinar matahari, kita bisa menambahkan jus lemon pada madu dan kemudian mengoleskan pada kulit.

Biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Dengan cara ini, kulit kita akan lebih halus dan semakin cerah.

2. Madu dan Putih telur

Cara memanfaatkan madu untuk menghaluskan kulit kita lainnya adalah dengan membuat ramuan pasta dari bahan madu dan putih telur.

Oleskan pasta tersebut pada bagian kulit yang diinginkan lalu membiarkannya selama 15 menit sebelum dibilas.
Tidak hanya itu, madu juga bisa dijadikan sebagai bahan pelembab kulit yang mencegah kulit dari kekeringan dan mencegah keriput.

3. Madu, Almond dan Jus Lemon

Pada kondisi kulit yang berjerawat atau mendirita gangguan bekas jerawat, madu memiliki sifat anti bakteri dan bersifat eksfolian sehingga mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pembentukan sel-sel kulit yang baru.
Dan untuk membuat bahan eksfolian kulit, kita bisa bisa membuat ramuan dari almond, madu, oatmeal dan jus lemon.

4. Pasta Pisang

Buah pisang (Musa paradisiaca) selain sebagai bahan makanan yang lezat dan bernutrisi tinggi, buah pisang juga bisa dibuat pasta untuk menghaluskan kulit.

Caranya, lumatkan buah pisang hingga menjadi bubur kemudian tuangkan susu secukupnya lalu dioleskan pada permukaan kulit.

Biarkan pasta pisang selama sekitar 20 menit sebelum membilasnya. Dengan rutin menggunakan ramuan pasta pisang ini niscaya kulit akan semakin halus dan lembut.

Jika tidak ingin lebih repot lagi, anda bisa membuat jus dari buah pisang dan diminum 3 kali sehari secara rutin hingga kulit anda benar-benar lebih halus dan lebut.

5. Buah pepaya (Carica papaya)

Bagi yang ingin menambah kehalusan kulit dengan bahan yang murah, bubur pepaya merupakan pilihan yang paling tepat. Selain menghaluskan kulit, buah pepaya matang yang telah dijadikan pasta juga mampu menambah kecerahan kulit serta mengeliminasi bintik-bintik hitam pada kulit.

Pada metode yang sama juga bisa digunakan buah cendana yang ketika kulit anda mengahadapi masalah bintik-bintik hitam. Untuk hasil yang lebih maksimal dari pasta cendana anda, cobalah campur dengan tepung gram serta yogurt.

6. Jus mentimun

Tahukah anda bahwa jus mentimun juga termasuk bahan yang mampu menghaluskan kulit anda?
Dengan membuat jus mentimun yang dicampur beberapa tetes susu lalu dijadikan sebabai bahan oles kulit niscaya kulit tidak hanya lebih halus dan lembut tetapi juga mampu menjaga keremajaan kulit anda.

Jika tekstur kulit yang kasar karena pengaruh kulit kering, anda bisa memanfaatkan jus pepaya yang sedikit kental lalu menambahkan sedikit ekstrak pepermint untuk dioleskan pada kulit kering anda.

Dengan rutin mencoba ramuan tersebut akan membuat kulit anda menjadi lembab dan kulit halus sudah pasti anda akan dapatkan.

Sebenarnya masih sangat banyak ramuan alami jika hanya sekedar untuk menghaluskan kulit anda namun beberapa ramuan alami penghalus kulit diatas sudah sering dibuktikan khasiatnya. Dan yang dibutuhkan dari anda tinggallah keseriusan dan kesabaran untuk mencobanya hingga beberapa kali.