Obat Alami Atasi Batuk dan Pilek

Obat Alami Atasi Batuk dan PilekBatuk dan pilek adalah salah satu penyakit gangguan pernafasan yang setiap orang pernah mengalaminya.
Batuk dan pilek tentunya sangat mengganggu kenyamanan penderitanya. Dan oleh karenanya mengobati pilek dan batuk mutlak dilakukan.

Obat batuk dan pilek saat ini sangat banyak jenisnya, termasuk dengan menggunakan obat-obatan jenis herbal.
Mengobati batuk dan pilek dengan menggunakan herbal alami tentunya lebih aman jika menggunakan obat yang berbasis kimia yang bisa menimbulkan efek negatif pada organ-organ tubuh tertentu.

Nah, bagi anda yang ingin mencari informasi mengenai obat alami untuk atasi batuk dan pilek ini, berikut adalah pembahasannya.

Jahe

Jahe adalah pembunuh rasa sakit alami dan memiliki agen anti-inflamasi yang membantu meringankan rasa sakit akibat iritasi tenggorokan.

Jadi, dengan mengunyah jahe, minum teh jahe atau minum jus jahe dapat membantu mengurangi lendir pada paru-paru dan sekaligus bertindak sebagai obat penekan batuk yang sangat baik.

Namun demikian, untuk wanita hamil sebaiknya jangan mengkonsumsi obat jahe ini karena diduga kuat dapat mempengaruhi janin dalam kandungan.

Bawang putih

Mengkonsumsi beberapa siung bawang putih dapat meringankan pilek dan flu yang merupakan akar penyebab batuk.
Cara memanfaatkan ramuan dari bawang putih ini, yaitu ambil segenggam siung bawang putih lalu diris.

Tempatkan irisan bawang putih tersebut pada toples lalu merendamnya dengan beberapa sendok madu pada toples tertutup rapat selama 24 Jam atau lebih lalu diminum layaknya obat syrup.

Madu dan Lemon

Ramuan madu dan lemon salah satu obat alami untuk mengatasi batuk dan pilek.
Cara membuat ramuan yaitu tambahkan seperempat cangkir air panas pada 1 sdm madu dan aduk hingga rata lalu tuangkan 1 sdm perasan air lemon.

Air garam

Tambahkan ½ sdt garam pada setengah gelas airr hangat lalu diaduk kemudian dijadikan sebagai air berkumur.
Cara lainnya adalah tempatkan air hangat mangkuk lalu tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih.

Tempatlan handuk di atas kepala anda dan menghirup uap yang keluar dari mangkuk tadi, dan Insya Allah hal ini akan membantu meeringankan batuk dan pilek anda.

Nah, demikianlah ramuan alami atasi batuk dan pilek diatas semiga menjadi informasi yang berguna dalam mengatasi batuk dan pilek anda.