10 Jenis Herbal untuk Penderita Kanker

10 Jenis Herbal untuk Penderita KankerHerbal untuk kanker biasanya sangat bermanfaat jika digunakan sebagai obat alternatif ketika seseorang di diagnosis positif mengidap kanker.

Seperti kita ketahui bahwa penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan ketika mereka terlambat didiagnosa hingga kondisinya telah mencapai stadium 2 keatas.

Nah bagi mereka yang sedang mencari obat herbal yang dapat mengatasi kanker, berikut adalah beberapa jenis herbal yang sudah sering dimanfaatkan dalam mengatasi kanker.

10 Jenis Herbal untuk Penderita Kanker

1. Kunyit (Curcuma longa)

Kunyit merupakan salah satu jenis herbal yang umumnya digunakan sebagai bumbu masak.
Seperti halnya dengan masalah kanker, kandungan kunyit memiliki sifat anti kanker. Beberapa hasil terbaru menunjukkan bahwa asupan harian kunyit sekitar setengah sendok teh dapat mengurangi pertumbuhan sel-sel penyebab kanker.

2. Teh Hijau (Camellia sinensis)

Teh hijau merupakan ramuan herbal yang sangat bermanfaat sebagai pencegahan kanker. Kandungan teh hijau berupa polifenol, karotenoid, theanine, klorofil, dan proanthocyanidins sangat berkhasiat dalam mencegah hampir semua jenis kanker termasuk kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru, kanker kulit, kanker hati, dan kanker usus besar.

3. Bunga semanggi merah (Trifolium pratense)

Bunga semanggi merah mengandung senyawa genistein dan daidzein yang memiliki sifat anti tumor, Selain itu, bunga semanggi merah juga mengandung vitamin E dan tokoferol, yang memiliki sifat antioksidan.

Tapi untuk wanita hamil, pasien yang mengalami gangguan jantung dan mereka yang memiliki kanker estrogen tidak disarankan untuk mengkonsumsi bunga semanggi merah ini.

4. Peterseli (Petroselinum crispum)

Peterseli mengandung minyak alami berupa apigenin yang fungsinya untuk mencegah tubuh dari pembentukan pembuluh darah baru yang memasok darah ke tumor kanker (angiogenesis) sehingga hal ini cukup membantu dalam hal pengobatan kanker.

Tapi pada ibu hamil sangat dilarang untuk mengkonsumsi peterseli ini karena dapat menyebabkan kelahiran prematur dan stimulasi uterus.

5. Rosemary (Rosmarinus officinalis)

Salah satu ramuan herbal yang mengandung asam lemak terpen yang fungsinya dapat menghentikan pembentukan sel-sel kanker baru. Asupan rosemary ini sangat dianjurkan, terutama saat pasien sedang menjalani kemoterapi.

Beberapa jenis herbal lanti kanker lainnya adalah adas manis, lidah buaya, bawang merah, bawang putih, ekstrak biji seledri (sangat efektif dalam pengobatan kanker hati), astragalus, dll.

Tapi meskipun beberapa jenis herbal diatas bisa diandalkan untuk mengatasi masalah kanker, namun tidak semuanya aman untuk dikonsumsi karena kemungkinan memiliki efek samping yang berbahaya bila dikonsumsi tanpa konsultasi yang tepat dengan dokter anda.