Obat Pencahar Alami untuk Anak-Anak

Obat Pencahar Alami untuk Anak-AnakSembelit tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja bahkan sebahagian besar anak-anak sering menderita sembelit.

Nah ketika anak anda menderita sembelit, anda bisa memanfaatkan obat pencahar alami untuk merangsang gerakan usus dan menormalkan kembali BAB anak anda.

Pengerasan tinja anak yang sembelit tentu saja membuat anak kesakitan saat buang air besar. Oleh karena itu tidak ada alasan orang tua untuk membiarkan begitu saja gangguan sembelit tersebut.

Cara untuk mengatasi sembelit pada anak-anak selain dengan memfasilitasi keluarnya air besar anak dengan menempatkan supositoria gliserin dalam rektum yang akan bekerja sebagai pencahar, juga dengan menggunakan obat pencahar alami seperti jus prune dan aprikot yang telah direbus.

Dan untuk mengetahui apa saja obat pencahar alami untuk anak-anak, berikut penjelasannya.

Obat pencahar alami untuk sembelit

  • Minyak zaitun


Obat pencahar alami untuk sembelit pada anak, salah satunya adalah dengan menggunakan minyak jarak ataupun minyak zaitun.

Ambil satu sendok makan minyak zaitun murni pada pagi hari. Jika anak mengalami mual jika mengkonsumsi minyak zaitun yang anda berikan, tambahkan satu sendok makan jus lemon.

  • Madu dan jus lemon

Campur satu sendok teh madu dengan satu sendok makan jus lemon kemudian diberikan pada anak dua kali sehari. Tapi perlu diingat juga bahwa ramuan ini tidak cocok untuk bayi.

  • Mandi dengan air hangat dan pijat

Untuk anak-anak yang masih berusia dibawah 1 tahun, lakukan pijatan perut dengan lembut untuk merangsang pencernaan anak.

Pilihan lain untuk mengatasi sembelit pada balita anda yaitu dengan memandikannya dengan menggunakan air hangat karena hal ini akan merilekskan otot dubur anak sekaligus dapat merangsang gerakan usus mereka.

Untuk anak-anak yang sudah berumur diatas 5 tahun, coba batasi pemberian makanan olahan seperti ayam goreng, kentang goreng, daging berlemak, jus kaleng dan makanan manis seperti soda, es krim dan permen pada anak yang sedang sembelit.

Selain itu, mengkonsumsi terlalu banyak susu juga diketahui dapat menyebabkan sembelit.
Jadi membatasi konsumsi susu dalam diet anak anda dan memberinya makan makanan tinggi serat seperti aprikot, kacang polong, kacang-kacangan dan sering-seringlah meminumkan air hangat pada anak anda.

Nah demikianlah obat pencahar alami untuk Anak-anak yang semebelit diatas semoga hal ini bisa menjadi solusi untuk masalah sembelit pada anak anda.