Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Tubuh

Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi TubuhManfaat vitamin B kompleks bagi tubuh diantaranya adalah untuk mencegah penyakit jantung, sebagai vitamin untuk meningkatkan kesehatan otot, kulit dan sebagainya.

Vitamin kompleks terdiri dari beberapa jenis, diantaranya adalah vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (asam folat), dan vitamin B12 (cyanocobalamin). Kelompok vitamin B kompleks tersebut merupakan vitamin yang larut dalam air.

Dan untuk mengetahui lebih jauh akan manfaat vitamin B kompleks terhadap kesehatan manusia, berikut pembahasannya.

Manfaat Vitamin B Kompleks pada Kesehatan

Manfaat Vitamin B Kompleks salah satunya adalah sebagai metabolisme sel, memecah lemak, protein dan metabolisme karbohidrat.

Manfaat vitamin B kompleks lainnya adalah mengkonversi karbohidrat menjadi glukosa dan selanjutnya diubah menjadi energi dilakukan dengan bantuan vitamin B kompleks. Makanya individu yang defisiensi vitamin B kopmpleks ini akan menemukan tubuh mereka sering lelah, lesu karena kekurangan energi.

Manfaat vitamin B kompleks yang tidak kalah pentingnya adalah untuk meningkatkan fungsi kelenjar adrenal dalam memproduksi hormon tertentu.

Bagi ibu hamil, pemenuhan asupan Vitamin B kompleks ini akan mencegah bayi mereka mengalami cacat lahir, utamanya cacat tabung saraf pada janin selama kehamilan.

Selain itu, Vitamin B kompleks juga berperan penting dalam reproduksi sel sehingga mendukung pertumbuhan rambut dan kuku yang sehat.

Pada individu yang defisiensi vitamin B dapat menyebabkan gangguan pencernaan, kekurangan gizi, kelelahan, kesemutan, ruam kulit, rambut dan kuku yang rapuh.

Pada defisiensi yang sangat parah, individu akan mengalami kecemasan, kegelisahan hingga depresi.

Jadi bagi mereka yang mengalami gangguan-gangguan kesehatan diatas, cobalah penuhi asupan nutrisi tubuh mereka dengan meningkatkan konsumsi makanan seperti, ayam, hati, daging sapi, ginjal, ikan tuna, salmon, susu, keju, yoghurt, sereal, kentang, pisang, lentil, kacang-kacangan, cabai dan sebagainya.

Mengkonsumsi suplemen vitamin B kompleks yang kini banyak ditemukan di toko obat bisa membantu dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh defisiensi vitamin B kompleks ini.