4 Jenis Herbal Untuk Diabetes

4 Jenis Herbal Untuk DiabetesSelain obat yang diresepkan dokter, ada beberapa tananaman herbal yang dapat kontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.

Diabetes merupakan efek dari fluktuasi kadar gula darah atau dengan kata lain bahwa kegagalan tubuh dalam mengontrol kadar gula dalam darah.

Untungnya, kadar gula darah dapat dinormalkan dengan memanfaatkan beberapa jenis herbal tertentu  (aloe vera, pare, bawang merah dan bawang putih, ginseng) sehingga herbal ini juga bisa dianggap sebagai herbal untuk diabetes.

Sebenarnya herbal yang disebutkan diatas sudah tersedia dalam bentuk suplemen herbal namun untuk lebih maksimalnya khasiat herbal-herbal diatas yaitu dengan mengkonsumsinya secara langsung.

4 Jenis Herbal Untuk Diabetes

1. Aloe Vera untuk atasi diabetes

Aloe vera atau tanaman lidah buaya memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah. Cara memanfaatkan tanaman tersebut yaitu dengan mengkonsumsi (meminum) langsung beberapa tetes lendir lidah buaya tiga kali setiap harinya.

2. Bawang merah dan bawang putih atasi diaabetes

Bawang merah dan bawang putih memiliki kemampuan untuk merangsang produksi insulin oleh pankreas.
Dan oleh karena itu bawang merah dan bawang putih ini sebenarnya tidak hanya membantu menjaga tingkat gula darah di bawah kontrol tetapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

3. Tanaman pare atasi diabetes

Salah satu jenis herbal yang paling efektif dalam menurunkan kadar gula darah adalah buah dari tanaman pare.
Buah pare ini bisa dimanfaatkan dalam bentuk jus segar ataupun dikonsumsi sebagai sayuran disaat makan.

Namun, anda juga tidak harus berlebihan dalam mengkonsumsi buah pare ini karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut. Orang yang terkena dengan hipoglikemia harus menghindari konsumsi pare, baik dalam bentuk sayuran maupun dalam bentuk jusnya.

4. Ginseng atasi diabetes

Ginseng merupakan salah satu herbal yang paling banyak dimanfaatkan dalam dunia medis untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Demikian pula halnya dengan masalah diabetes karena pengaruh tingginya kadar gula dalam darah, Ginseng ini sangat efektif untuk merangsang produksi insulin oleh pankreas dan dengan demikian meningkatkan jumlah reseptor insulin tubuh yang pada akhirnya akan menurunkan kadar gula darah.

Demikianlah beberapa jenis herbal untuk diabetes diatas, semoga menjadi obat yang efektif dalam mengatasi diabetes anda.

Catatan: Meskipun mereka efektif dalam mengotrol gula darah kekondisi normal, namun herbal- herbal diatas jangan dikonsumsi secara berlebihan larena bisa saja memiliki efek negatif pada tubuh anda juga.