Obat Rumah untuk Peradangan Saraf Mata

Obat Rumah untuk Peradangan Saraf MataPeradangan pada saraf di mata atau dalam medisnya diistilahkan dengan neuritis optik ini merupakan penyebab utama kehilangan penglihatan.

Oleh karena itu peradangan pada saraf mata jangan diangggap sepele dan segera mencari solusinya ketika anda merasakan salah satu dari beberapa gejala dari neuritis optik.

Neuritis optik berhubungan dengan nyeri akut pada mata saat setiap kali mata bergerak bahkan ketika dikedipkan.

Selain dua gejala utama yang disebutkan di atas, ada beberapa gejala lain yang berhubungan dengan peradangan pada saraf mata ini seperti sakit kepala, mual, demam, penurunan penglihatan tepi dan gangguan penglihatan dalam membedakan warna.

Penyebab peradangan pada saraf di mata ini selain karena keseringan mengkonsumsi alkohol dan pengaruh merokok juga karena faktor kekurangan gizi, utamanya vitamin B12.

Peradangan saraf optik juga dapat merupakan hasil dari infeksi virus, jamur atau bakteri seperti campak, cacar air, gondok dan berbagai penyakit tersebut. Selain itu, hal itu mungkin disebabkan karena trauma dari sebuah kecelakaan dan pengaruh trauma lainnya.

Faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan kondisi ini, termasuk dislokasi tulang, tekanan berat pada saraf, kebiasaan makan yang salah dan beberapa kondisi genetik.

Nah, untuk mengatasi masalah neuritis optik ini, berikut adalah bentuk pengobatan rumah yang biasanya cukup membantu dalam mengatasi masalah seperti:

Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan salah satu perawatan yang paling efektif untuk mengobati neuritis optik. Campurkan satu cangkir susu kedelai dengan 1 sdm madu yang kemudian diminum setiap malam hingga kondisi telah membaik.

Cara menyiapkan susu kedelai ini yaitu dengan terlebih dahulu merendam kedelai dalam air selama 12 jam lalu menggilingnya hingga membentuk pasta tipis.

Selanjutnya, tambahkan tiga bagian air pada pasta lalu rebus campuran pada api kecil sambil diaduk.

Biarkan campuran menjadi dingin dan saring lalu tambahkan beberapa gula di dalamnya. Minuman herbal ini biasanya dapat memperbaiki sistem saraf karena minuman ini diperkaya akan vitamin B1, lesitin dan asam glutamat.

Apple

Pengobatan yang efektif untuk neuritis lainnya dengan sesering mungkin dalam mengkonsumsi buah apel dalam diet harian anda.

Kelompok Vitamin B

Makanan yang kaya akan vitamin B sangat bermanfaat untuk pengobatan optik neuritis. Dalam beberapa kasus, makanan kaya vitamin B12 ditemukan mampu meringankan kelemahan dan rasa sakit yang hebat dalam waktu satu jam.

Makanan seperti kerang, ikan, keju, telur, yoghurt, susu, kepiting, lobster, buttermilk dan ayam tanpa lemak, jika dikonsumsi dalam jumlah sedang sangat membantu dalam mengobati neuritis. Namun, pasien jantung disarankan untuk menghindari makanan tersebut.

Jus wortel dan bayam

Minum setengah liter jus wortel dan bayam ditemukan menjadi perawatan yang paling berharga dan efektif untuk neuritis.

Nanas

Nanas merupakan buah yang dianggap cukup efektif dalam pengobatan neuritis karena mengandung asam esensial tertentu yang merupakan obat luar biasa dalam mengatasi neuritis optik, baik dalam bentuk jus maupun dimakan langsung.

Diet buah-buahan

Diet yang kaya buah-buahan dan sayuran segar, adalah cara terbaik untuk mengobati kondisi neuritis optik secara alami. Hindari makanan olahan, Alkohol, dan merokok dan minuman atau makanan stimulan lainnya harus dihindari.

Brokoli

Brokoli mempromosikan detoksifikasi dengan mengaktifkan enzim anti-inflamasi dalam tubuh. Hal ini juga membantu dalam mengurangi peradangan di bagian belakang mata dengan memicu sistem anti inflamasi.

Alpukat

Alpukat dianggap salah satu buah yang paling kaya nutrisi. Mereka adalah sumber besar vitamin B6 dan Vitamin E. Mereka mengandung nutrisi yang membantu dalam mencegah degenerasi makula.

Telur

Makan telur sehari sangat baik untuk kesehatan mata. Namun pada pasien diabetes harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memasukkan telur dalam diet mereka.

Teh hijau

Teh hijau adalah obat yang baik untuk pengobatan neuritis optik karena teh hijau mampu memerangi kondisi peradangan dengan membatasi pertumbuhan pembuluh darah baru di bagian belakang mata. Pertumbuhan terlalu banyak pembuluh darah baru adalah salah satu penyebab utama dari kerusakan saraf optik.

Sebenarnya masih sangat banyak yang bisa kita lakukan dalam memerangi peradangan saraf mata tersebut, namun beberapa bahan diatas kiranya sudah cukup dalam mengatasi permasalahan pada gangguan saraf mata anda.