Penyebab Penglihatan Kabur Pada Sebelah Mata

Penyebab Penglihatan Kabur SebelahPenglihatan dan pandangan yang kabur pada salah satu sisi mata baik pada mata kiri ataupun pada mata kanan dapat dipengaruhi oleh segudang masalah.

Dan untuk mengetahui apa alasan dan penyebab kaburnya disalah satu mata dapat dilihat seperti di bawah ini, seperti:

Stroke ringan

Penglihatan kabur sebelah umumnya merupakan gejala dari transient ischemic attack atau stroke ringan namun biasanya juga menimbulkan gejala lainnya seperti sakit kepala, pusing, kesemutan di salah satu sisi tubuh, mati rasa dll.

Glaukoma

Glaukoma adalah hasil dari tekanan fluida mendadak yang menumpuk di bola mata. Glaukoma memiliki implikasi serius dan dapat menyebabkan kebutaan permanen, jika tidak diobati pada waktunya.

Rabun jauh dan rabun dekat

Rabun jauh (hyperopia) dan rabun dekat (miopia) sangat jarang menyebabkan kedua mata mengalami pandangan yang kabur namun di awali pada salah satu bagian mata saja.

Dan untuk memastikan pandangan kabur pada salah satu bagian mata apakah pengaruh rabun jauh atau rabun dekat perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Katarak

Katarak bisa menjadi penyebab pasti dari pandangan kabur pada salah satu mata, utamanya pada kelompok usia 50 tahun keatas.

Degenerasi makula

Degenerasi makula lebih rentan terjadi pada individu berusia lebih dari 60 tahun. Kaburnya penglihatan secara bertahap distorsi hingga hilangnya daya penglihatan dan beberapa gejala lain dari degenerasi makula.

Jadi jika anda kehilangan penglihatan pada satu atau kedua mata secara tiba-tiba, maka mungkin karena perkembangan lubang makula pada retina anda.

Retinopati diabetes

Jika anda sedang menderita diabetes, maka penglihatan yang kabur bisa disebabkan karena penyakit diabetes yang sedang anda alami. Penglihatan yang kabur biasanya terjadi karena kerusakan retina karena pengaruh diabetes.

Migrain

Migrain adalah jenis sakit kepala vaskular dengan gejala utamanya seperti penglihatan kabur pada salah satu sisi mata yang disertai mual, muntah dan tentu saja, sakit kepala yang parah.

Bedah Lasik

Jika anda mengalami penglihatan kabur setelah operasi lasik, maka tidak perlu khawatir tentang adanya indikasi operasi laser mata yang salah karena hal ini sangat umum terjadi.

Namun, jika masalah pandangan kabur ini tidak sembuh dengan sendirinya bahkan setelah seminggu, maka anda harus berkonsultasi dengan dokter bedah mata anda.

Infeksi

Infeksi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh yang juga turut mempengaruhi masalah visi. Herpes mata atau optik neuritis dapat menyebabkan radang mata yang menyebabkan pandangan kabur.

Selain itu, batuk persisten akibat infeksi juga dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah di belakang mata yang pada akhirnya menyebabkan penglihatan kabur pada satu mata.

Efek samping obat

Tetes mata tertentu, obat alergi yang mengandung bahan pengawet dapat mengiritasi mata dan menyebabkan pandangan menjadi kabur.