Diet Terbaik untuk Penderita Diabetes

Diet Terbaik untuk Penderita DiabetesDiet terbaik untuk penderita diabetes selain diet rendah lemak juga menerapkan diet untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan mengurangi kadar kolesterol.

Dan perlu diketahui pula bahwa penderita diabetes ini tidak hanya terjadi pada orang lanjut usia, tetapi juga dapat terjadi pada anak-anak dan kaum muda yang mungkin disebabkan oleh beberapa faktor seperti genetika, peningkatan stres, diet yang salah, kurang olahraga fisik, dsb.

Nah, untuk membantu dalam mengontrol gula darah ataupun untuk mengobati diabetes tidaklah cukup hanya dengan mengandalkan obat yang diresepkan medis saja tetapi perlu didukung dengan diet yang tepat.

Diet terbaik untuk penderita diabetes adalah diet rendah karbohidrat yang meliputi karbohidrat kompleks (makanan serat tinggi yang tidak menyebabkan fluktuasi memutuskan kadar gula darah), lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda serta protein tanpa lemak.

Diet rendah karbohidrat dapat membantu mengontrol kadar gula darah (pada penderita diabetes), mengurangi kadar kolesterol, gangguan hipertensi sekaligus juga dapat membantu mereka dalam program penurunan berat badan.

Dengan kata lain bahwa dengan menerapkan diet rendah karbohidrat maka dapat mencegah kolesterol tinggi yang dapat berkomplikasi serius pada diabetes.

Untuk menurunkan kadar kolesterol, penderita diabetes harus lebih banyak buah dan sayuran (karbohidrat kompleks rendah glikemik) dan sedikit daging (lemak jenuh) dalam diet mereka makanan rendah glikemik tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara tiba-tiba.

Dan yang perlu diperhatikan adalah hindari mengkonsumsi daging sapi (terutama hati, otak dan jantung sapi), bacon, hot dog, sosis, alkohol, makanan tinggi sodium, asin, manis, lemak dan daging kaya kolesterol lainnya.
Selain itu, hindari makanan olahan dan kalengan, minyak lemak tinggi dan makanan berminyak (ayam goreng ataupun ikan goreng).

Menurut pedoman diet diabetes, penderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil tetapi sering. Penderita diabetes juga tidak membiarkan diri mereka dalam waktu yang lama.

Menu harian untuk kebutuhan karbohidrat seperti gandum, jagung, beras merah, sereal, kacang-kacangan, ubi jalar, kacang. Sementara untuk memenuhi kebutuhan lemak bisa didapatkan pada susu, yogurt, keju dan kaldu rendah lemak.

Dan untuk mendapatkan protein yang menyehatkan bisa didapatkan melalui telur ayam kampung.

Diet tinggi serat sebagai diet terbaik untuk penderita diabetes seperti selada, brokoli, bayam, kacang hijau, wortel, seledri, tomat, kubis, paprika, apel, stroberi, semangka, jeruk bali, pepaya, jambu biji sangat baik dimasukkan dalam diet karena mereka mampu menyediakan nutrisi penting tubuh seperti vitamin, mineral, serat dan antioksidan.

Nah, demikianlah beberapa jenis makanan yang perlu dihindari dan makanan yang perlu dimasukkan dalam diet mereka sebagai diet terbaik untuk penderita diabetes.