Resep Jus Buah untuk Penderita Diabetes

Resep Jus Buah untuk Penderita DiabetesPenderita diabetes tentu memiliki keterbatasan dalam mengkonsumsi minuman dan makanan khususnya makanan atau minuman yang mangandung tinggi gula.

Seperti halnya dengan beberapa jenis buah atau sayuran yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes baik dalam bentuk minuman jus ataupun dapat dimakan sebagai layaknya sayuran atau buah.

Beberapa jenis buah atau sayuran yang aman tersebut diantaranya adalah wortel, brokoli, mentimun, tomat, selada, bayam, kacang hijau, kubis, paprika, apel, stroberi, semangka, jeruk bali, pepaya, jambu biji, dll.

Seperti kita ketahui pula bahwa penyakit diabetes adalah gangguan yang terjadi ketika tingkat gula darah dalam tubuh sangat tinggi. Peningkatan kadar gula darah tersebut dapat gangguan pada fungsi hormon insulin ataupun karena kurangnya produksi hormon ini.

Nah, pada penderita diabetes, sangat disarankan untuk mengikuti diet tepat untuk menjaga kadar gula darah menjadi normal kembali. Menghindari konsumsi karbohidrat dan makanan lain yang mengandung gula tinggi karena karbohidrat ini bisa dikonversi menjadi glukosa yang pada akhirnya dapat meningkatkan gula darah (glukosa).

Dengan kata lain bahwa penderita diabetes sangat baik jika mengganti diet mereka dengan buah-buahan segar dan sayuran karena mereka hanya sedikit mengandung karbohidrat dan kaya akan serat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tapi jika tidak suka atau bosan mengkonsumsi sayuran ataupun buah, maka tak ada pilihan lain kecuali dengan membuat jus buah atau jus sayuran untuk dikonsumsi. Dan berikut ini adalah beberapa resep jus buah dan jus sayuran yang bisa dimasukkan dalam diet diabetes.

Jus untuk penderita diabetes

Pada penderita diabetes sangat jarang disarankan untuk mengkonsumsi jus buah karena pada umumnya buah-buahan mengandung jumlah gula yang tinggi dalam bentuk fruktosa. Alasan kedua karena jus buah komersial mengandung pengawet.

Oleh karena itu, jika ingin mengkonsumsi jus buahsebaiknya diencer terlebih dahulu dengan air dengan perbandingan 1:3 (1 gelas jus ditambahkan dengan 3 gelas air).

Beberapa resep jus buah yang bisa dibuat sendiri untuk penderita diabetes seperti jus jeruk, jus tomat, jus ketimun, jus apel, jus delima, dll.

• Resep jus penderita diabetes pertama

– 6 wortel kecil,
– Brokoli 1 buah,
– daun seledri 3 helai
– Mentimun kecil satu buah

Caranya, buat potongan wortel, brokoli dan mentimun dalam potongan-potongan kecil lalu di mixer hingga membentuk jus sayuran halus. Anda dapat menambahkan beberapa garam dan lada hitam secukupnya.

• Resep jus penderita diabetes kedua

– tomat matang 4 buah
– selada hijau cincang 1 cangkir

Caranya, buat irisan selada hijau dan tomat lalu buang bijinya. (anda dapat menambahkan es batu agar lebih menyegarkan).

• Resep jus penderita diabetes ketiga

– Wortel kecil 4 buah dan segenggam bayam
Potonglah bayam dan wortel menjadi potongan-potongan kecil lalu kedua bahan di blender untuk membuat jus. Anda dapat menambahkan air untuk mengencerkannya tapi jangan lupa untuk menambahkan garam atau lada hitam secukupnya.

• Resep jus penderita diabetes

– labu pahit 1 iris
– Jus lemon, garam dan merica secukupnya
Potong labu pahit dalam potongan-potongan kecil dan buang bijinya. Masukan potongan labu pahit ke dalam blender lalu menambahkan air. Tuangkan jus lemon, garam dan merica secukupnya.

• Resep jus buah untuk penderita diabetes

Siapkan 2-3 buah tomat dan garam serta merica secukupnya.

Didihkan air dalam panci hingga mendidih lalu masukkan tomat ke dalamnya selama 10-15 detik lalu diangkat.
Selanjutnya adalah kupas dan potong buah tersebut lalu diperas dengan menggunakan sendok, setelah itu saring airnya lalu tambahkan garam dan merica halus secukupnya lalu diminum.

Nah, demikianlah beberapa tips membuat jus buah untuk penderita diabetes diatas semoga bisa menjadi minuman pilihan yang menyehatkan dan menyegarkan bagi mereka pengidap diabetes.