Diet Anti Asam urat

Diet Anti Asam uratPenyakit asam urat sangat erat kaitannya dengan diet harian kita sehingga untuk mencegah hadirnya penyakit asam urat ini tentunya dengan menerapkan diet anti asam urat.

Dalam diet anti asam urat ini sangat ditekankan pada pembatasan makanan yang mengandung tinggi purin (sebagai penyebab Penyakit asam urat).

Tapi sebelum kita membahas mengenai diet anti pencegah asam urat tersebut, mungkin ada baiknya jika kita sedikit menyinggung mengenai apa itu penyakit asam urat.

Penyakit asam urat adalah salah satu jenis peradangan sendi akut yang ditandai dengan penumpukan kristal pada sendi. Kristal-kristal ini sendiri terbentuk ketika ada peningkatan kadar asam urat (hasil dari metabolisme purin) dalam aliran darah atau ketika tubuh memiliki masalah dalam mengeliminasi asam ini.

Dengan kata lain bahwa penyakit asam urat secara tidak langsung berkaitan erat dengan zat purin. Dan perlu kita ketahui pula bahwa sebenarnya zat purin ini secara alami dihasilkan sendiri oleh tubuh dan juga melalui makanan yang kita konsumsi.

Jadi sangat jelas bahwa jika kita ingin terhindar dari penyakit asam urat tentunya dengan membatasi konsumsi makanan yang tinggi purin.

Untuk mencegah terjadinya penyakit asam urat tergantung pada penyebabnya, karena penyakit asam urat ini dapat disebabkan karena pengaruh makanan ataupun karena penyakit medis lain yang menyertainya.

Untuk mencegah hadirnya penyakit asam urat yaitu menghindari atau membatasi segala jenis makanan yang tinggi purin seperti seafood, daging sayuran tertentu dan lain sebagainya.

Sebaliknya asupan susu dan produk-produk susu rendah lemak adalah pilihan makanan dan minuman yang sangat baik dalam diet rendah purin.

Selain itu, mengkonsumsi tahu dan prooduk makanan yang berbasis tahu adalah jenis makanan yang kaya protein tetapi sangat baik untuk kondisi pasien yang berpenyakit asam urat.

Minum banyak air dan cairan sehat (sekitar 8 gelas) setiap hari merupakan cara alami yang paling sederhana untuk mengobati asam urat.